Abstract:
Rumah Makan Bakso Ngangenin merupakan sebuah tempat yang
didirikan pada Januari 2020 yang berlokasi di Mekarwangi. Pada awal pendirian
Rumah Makan Bakso Ngangenin terdapat banyak pelanggan yang datang untuk
mencoba sampai menimbulkan antrian. Akan tetapi, pada bulan-bulan selanjutnya
terdapat penurunan penjualan yang terjadi dan menyebabkan target yang
diinginkan pemilik tidak terpenuhi. Berdasarkan hasil wawancara dengan
responden, penyebab penurunan penjualan dan target yang tidak tercapai
dikarenakan niat beli ulang yang rendah. Pemilik belum mengetahui cara untuk
membuat pelanggan lama tetap bertahan. Kondisi tersebut perlu segera dilakukan
tindak lanjut agar dapat mengatasi permasalahan yang terjadi.
Penelitian diawali dengan menentukan variabel dan atribut yang
diperkirakan mempengaruhi niat beli ulang konsumen di Rumah Makan Bakso
Ngangenin dengan melakukan wawancara dan studi literatur. Studi literatur
digunakan untuk mencari teori yang berkaitan dan penelitian yang sejenis yang
telah dilakukan sebelumnya. Variabel yang mempengaruhi niat beli ulang
konsumen yang digunakan adalah kualitas makanan, harga dan nilai, kualitas
layanan, kenyamanan akses, suasana, dan rekomendasi. Selanjutnya, dilakukan
penyusunan, pre-test, dan penyebaran kuesioner berdasarkan atribut penelitian
yang telah ditentukan. Penyebaran kuesioner dilakukan pada konsumen yang
pernah membeli makanan atau mengunjungi rumah makan di Kota Bandung. Dari
hasil penyebaran kuesioner, didapatkan total responden sebanyak 111
responden. Kemudian dilakukan pengolahan data hasil kuesioner menggunakan
PLS-SEM yang menghasilkan evaluasi model pengukuran dan model struktural.
Pada hasil pengolahan data yang telah dilakukan menggunakan uji
validitas dan reliabilitas, terdapat beberapa indikator yang dihilangkan sehingga
dapat dinyatakan valid dan reliabel. Kemudian dilakukan VIF, uji signifikansi,
analisis nilai path coefficient dan nilai R2 untuk mengetahui variabel yang
mempengaruhi niat beli ulang konsumen. Dari hasil pengujian didapatkan variabel
yang mempengaruhi niat beli ulang konsumen adalah kualitas makanan dan
rekomendasi. Berdasarkan faktor yang memengaruhi niat beli ulang konsumen
terdapat 6 usulan perbaikan yang telah diberikan dan disetujui oleh pemilik Rumah
Makan Bakso Ngangenin yaitu penggunaan sendok takar dan menonjolkan ciri
khas, memperhatikan penataan makanan yang lebih teratur, melakukan
perebusan mie saat konsumen memesan dan membuat bakso yang secukupnya
untuk satu hari penjualan, meningkatkan pelayanan dan kebersihan,
mengoptimalkan promosi di sosial media, dan memberikan pencahayaan yang
lebih terang pada papan nama.