Usulan strategi pemasaran Klinik Kecantikan X untuk menarik pelanggan baru

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rikardo, Cherish
dc.contributor.author Adiwiria, Rafi Farhan
dc.date.accessioned 2022-10-28T01:27:54Z
dc.date.available 2022-10-28T01:27:54Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp42092
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/13381
dc.description 5887 - FTI en_US
dc.description.abstract Industri kecantikan merupakan salah satu industri di Indonesia yang mengalami perkembangan setiap tahunnya. Perkembangan industri setiap tahun menghadirkan beragam pelaku bisnis di dalam industri kecantikan sehingga membuat persaingan di dalam industri kecantikan meningkat. Klinik Kecantikan X merupakan sebuah klinik kecantikan yang sudah berdiri sejak tahun 2005. Pada tahun 2020, Klinik Kecantikan X melakukan pemindahan lokasi klinik kecantikan dengan tujuan utama untuk meningkatkan kualitas perawatan yang diberikan kepada pelanggan. Lokasi tersebut baru beroperasional secara resmi sejak awal tahun 2021 dikarenakan dampak PSBB. Klinik Kecantikan X menemukan bahwa semenjak beroperasional dari awal tahun 2021 pada lokasi baru tidak dapat mencapai target keuntungan yang ditetapkan. Hasil penelusuran menemukan bahwa Klinik Kecantikan X kesulitan dalam menarik pelanggan baru sehingga menyebabkan kesulitan untuk mencapai target keuntungan. Hal ini tidak berbanding lurus dengan perkembangan di industri kecantikan yang setiap tahunnya mengalami peningkatan. Sehingga diperlukan upaya perbaikan agar dapat menarik pelanggan baru dan dapat tetap bersaing dengan kompetitor. Melihat permasalahan yang dihadapi, ditemukan bahwa akar permasalahan terletak pada kemampuan pemasaran yang kurang baik. Upaya perbaikan dirancang seputar meningkatkan kemampuan pemasaran. Usulan pemasaran diberikan dengan membuat strategi marketing mix 7P. Perancangan strategi pemasaran didasari atas STP dan SWOT Klinik Kecantikan X. Dikarenakan Klinik Kecantikan X belum mengetahui target pasar yang sesuai, dilakukan perancangan STP. Usulan akhir yang terbentuk berdasarkan STP dan SWOT dibagi ke dalam faktor strategi marketing mix 7P yaitu product, price, place, promotion, people, process, physical evidence. Terbentuk 2 usulan untuk faktor product, 2 usulan untuk faktor price, 1 usulan untuk faktor place, 11 usulan untuk faktor promotion, 5 usulan untuk faktor physical evidence, 3 usulan untuk faktor people, dan 5 usulan untuk faktor process. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan strategi pemasaran Klinik Kecantikan X untuk menarik pelanggan baru en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017610214
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0414069004
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0426118602
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account