Usulan bauran pemasaran untuk meningkatkan penjualan produk fashion Co2

Show simple item record

dc.contributor.advisor Pratiwi, Loren
dc.contributor.author Depari, Elin Ninta
dc.date.accessioned 2022-10-28T01:10:08Z
dc.date.available 2022-10-28T01:10:08Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp42089
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/13379
dc.description 5884 - FTI en_US
dc.description.abstract Saat ini transaksi pada sektor industri fashion marak dilakukan secara online. Berdasarkan data Badan Ekonomi Kreatif, tingkat pertumbuhan rata-rata e-commerce di Indonesia sekitar 35-40% per tahun terutama di segmen industri fashion. Hal ini juga dimanfaatkan oleh CO2 di industri fashion terutama sebagai penjual pakaian. CO2 berdiri sejak 2013 dan berasal dari Kota Bandung. Awalnya CO2 melakukan penjualan dengan sistem konsinyasi pada suatu departement store sehingga pemasaran bergantung pada departement store tersebut. Pada tahun 2018, CO2 memulai membuka penjualan secara online dan pada tahun 2019 CO2 tidak melanjutkan konsinyasi pada departement store tersebut. Penjualan secara online belum sebesar saat penjualan secara konsinyasi dan beberapa kali masih belum mencapai target penjualan. Maka dari itu, dibutuhkan suatu usulan bauran pemasaran untuk dapat meningkatkan penjualan produk. Penelitian dilakukan dengan melakukan segmenting, targeting dan positioning. Segmenting dilakukan dengan penyebaran kuesioner untuk mengetahui karakteristik dari konsumen yang pernah membeli pakaian secara online. Hasil kuesioner kemudian diolah menggunakan K-Means Clustering dan didapatkan 5 segmen yaitu segmen 1 yang mengikuti tren dan reseller, segmen 2 yang membeli untuk acara khusus, segmen 3 yang impulsif, segmen 4 yang sangat pemilih, segmen 5 yang praktis. Kemudian dilakukan analisis SWOT untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman CO2 terhadap kompetitor. Berdasarkan segmen yang didapatkan dan analisis SWOT, dilakukan targeting untuk memilih segmen pasar yang dapat dilayani CO2. Primary market CO2 adalah segmen 4 yang sangat pemilih. Positioning CO2 dilakukan dengan pergeseran menjadi toko yang aktif di media sosial dan menjual pakaian berkualitas dengan harga terjangkau. Usulan bauran pemasaran yang diberikan dengan e-marketing mix 4P + P2C2S3 dan memperhatikan target pasar CO2. Usulan-usulan tersebut antara lain menampilkan informasi detail produk, memperbaiki tampilan foto produk, mengaktifkan kembali media sosial, promosi potongan harga, menata ulang tampilan di e-commerce, promosi dengan voucher dan lain-lain en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan bauran pemasaran untuk meningkatkan penjualan produk fashion Co2 en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017610209
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0402068701
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account