Usulan jenis pembelajaran dan interaksi interpersonal untuk menunjang efektivitas pembelajaran daring berdasarkan eye tracking di Universitas X

Show simple item record

dc.contributor.advisor Theopilus, Yansen
dc.contributor.author Kristofer, Kenneth
dc.date.accessioned 2022-10-27T06:28:59Z
dc.date.available 2022-10-27T06:28:59Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp42085
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/13373
dc.description 5880 - FTI en_US
dc.description.abstract Pandemi Covid-19 berdampak besar pada banyak bidang terutama pendidikan. Dalam bidang pendidikan, kegiatan pembelajaran juga harus beradaptasi dengan pembelajaran secara daring. Berdasarkan hasil survei Universitas X pada Juni 2021, didapatkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran daring hanya 54,9% mahasiswa menilai bahwa interaksi dosen dengan mahasiswa secara daring telah berjalan dengan baik dan hanya 62% mahasiswa merasa bahwa dosen telah memberikan umpan balik. Selain itu, dilakukan survei pendahuluan kepada 53 mahasiswa aktif dari Universitas X. Dalam survey ini, didapatkan bahwa 39,6% mahasiswa belum atau kurang puas dengan proses pembelajaran daring. Penyebab utama dari hal ini adalah pembelajaran daring yang telah dilakukan kurang menarik dan interaktif. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk menunjang efektivitas proses pembelajaran daring. Pada penelitian ini, ditentukan 2 variabel yang diduga mempengaruhi efektivitas proses pembelajaran berdasarkan hasil dari studi literatur. Kedua variabel tersebut adalah jenis pembelajaran daring dan interaksi interpersonal. Masing-masing variabel memiliki 2 buah level yaitu jenis pembelajaran sinkron dan asinkron dengan ada atau tidak adanya interaksi interpersonal. Efektivitas proses pada penelitian ini diwakili dengan atensi dan interaksi, dimana atensi diukur dengan alat Tobi Eye Tracker X2-30 dan interaksi diukur dengan kuesioner pembelajaran. Pengukuran atensi dilakukan selama pembelajaran daring dan pengukuran interaksi dilakukan setelah pembelajaran. Pengukuran atensi menghasilkan adanya 2 jenis data kuantitatif berupa data “Fixation Duration” dan data kualitatif berupa gaze plot. Data kuantitatif tersebut dilakukan pengujian ANOVA untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruhnya. Berdasarkan hasil uji ANOVA terhadap data “Fixation Duration” didapatkan bahwa adanya pengaruh dari variabel interaksi interpersonal dan interaksi antara kedua variabel. Berdasarkan pengujian data kuesioner pembelajaran tidak dipengaruhi oleh kedua variabel. Pengujian Tukey menghasilkan bahwa level dari adanya interaksi interpersonal lebih baik dari tidak adanya interaksi interpersonal. Hasil dari analisis gaze plot menunjukan bahwa level terbaik adalah pembelajaran daring secara sinkron dengan adanya interaksi interpersonal karena memiliki fiksasi yang lebih lama dalam materi pembelajaran yang telah dilakukan. Hasil usulan penelitian yang diberikan merupakan pelaksanaan pembelajaran daring dengan adanya interaksi interpersonal. Dalam penelitian, jenis pembelajaran daring secara sinkron merupakan level yang terbaik tetapi pembelajaran asinkron tetap dapat digunakan untuk mempermudah penyampaian materi pembelajaran oleh pengajar. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan jenis pembelajaran dan interaksi interpersonal untuk menunjang efektivitas pembelajaran daring berdasarkan eye tracking di Universitas X en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017610202
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0426059402
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account