Perancangan strategi bisnis menggunakan model QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) pada Toko So Motor

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sukapto, Paulus
dc.contributor.author Putri, Caroline Adriyana Indrawan
dc.date.accessioned 2022-10-27T02:17:00Z
dc.date.available 2022-10-27T02:17:00Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp42076
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/13364
dc.description 5871 - FTI en_US
dc.description.abstract Toko SO Motor merupakan toko yang menawarkan sparepart sepeda motor. Toko SO Motor berdiri pada tahun 2016 yang berlokasi di Jl. Raya Cilebut No.35, Cilebut Timur. Dalam beberapa tahun ini, Toko SO Motor mengalami penurunan penjualan dan tidak mencapai target penjualan yang telah ditetapkan. Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan untuk mengetahui model bisnis yang dimiliki saat ini masih relevan untuk digunakan dan memberikan rancangan serta evaluasi strategi bisnis yang tepat menggunakan model QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Penelitian ini dilakukan dengan beberapa metode antaran lain identifikasi internal dan eksternal perusahaan, Matriks SWOT, Matriks IFE (Internal Factor Evaluation), Matriks EFE (External Factor Evaluation), Matriks Internal-Eksternal, Matriks TOWS, Matriks QSPM, serta formulasi strategi bisnis. Identifikasi internal yang dilakukan meliputi kekuatan dan kelemahan dari perusahaan. Identifikasi eksternal yang dilakukan antara lain PEST Analysis, Porter Five Force’s Analysis, peluang, serta ancaman. Faktor internal dan eksternal yang telah diidentifikasi akan dilakukan evaluasi dengan matriks IFE, matriks EFE, dan matriks Internal-Eksternal untuk mengetahui posisi perusahaan saat ini. Selanjutnya matriks TOWS dan QSPM digunakan untuk membuat alternatif strategi bisnis bagi perusahaan. Hasil penelitian yang didapatkan Toko SO Motor berada pada kuadran V atau hold and maintain. Pada posisi ini Toko SO Motor dapat melakukan strategi market penetration dan product development. Toko SO Motor dapat menjalankan strategi low cost leadership. Strategi ini dilakukan dengan menawarkan produk kepada konsumen dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan pesaing lainnya yang sejenis. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Perancangan strategi bisnis menggunakan model QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) pada Toko So Motor en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017610182
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0430126001
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account