Abstract:
Toko SO Motor merupakan toko yang menawarkan sparepart sepeda motor.
Toko SO Motor berdiri pada tahun 2016 yang berlokasi di Jl. Raya Cilebut No.35, Cilebut
Timur. Dalam beberapa tahun ini, Toko SO Motor mengalami penurunan penjualan dan
tidak mencapai target penjualan yang telah ditetapkan. Penelitian yang dilakukan memiliki
tujuan untuk mengetahui model bisnis yang dimiliki saat ini masih relevan untuk digunakan
dan memberikan rancangan serta evaluasi strategi bisnis yang tepat menggunakan model
QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix).
Penelitian ini dilakukan dengan beberapa metode antaran lain identifikasi internal
dan eksternal perusahaan, Matriks SWOT, Matriks IFE (Internal Factor Evaluation), Matriks
EFE (External Factor Evaluation), Matriks Internal-Eksternal, Matriks TOWS, Matriks
QSPM, serta formulasi strategi bisnis. Identifikasi internal yang dilakukan meliputi kekuatan
dan kelemahan dari perusahaan. Identifikasi eksternal yang dilakukan antara lain PEST
Analysis, Porter Five Force’s Analysis, peluang, serta ancaman. Faktor internal dan
eksternal yang telah diidentifikasi akan dilakukan evaluasi dengan matriks IFE, matriks
EFE, dan matriks Internal-Eksternal untuk mengetahui posisi perusahaan saat ini.
Selanjutnya matriks TOWS dan QSPM digunakan untuk membuat alternatif strategi bisnis
bagi perusahaan.
Hasil penelitian yang didapatkan Toko SO Motor berada pada kuadran V atau
hold and maintain. Pada posisi ini Toko SO Motor dapat melakukan strategi market
penetration dan product development. Toko SO Motor dapat menjalankan strategi low cost
leadership. Strategi ini dilakukan dengan menawarkan produk kepada konsumen dengan
harga yang lebih murah dibandingkan dengan pesaing lainnya yang sejenis.