Analisis minat adopsi sepeda motor listrik di Indonesia dan usulan peningkatannya

Show simple item record

dc.contributor.advisor Pratikto, Fransiscus Rian
dc.contributor.author Efelin, Talitha Javana
dc.date.accessioned 2022-10-27T02:13:13Z
dc.date.available 2022-10-27T02:13:13Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp42075
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/13363
dc.description 5870 - FTI en_US
dc.description.abstract Transportasi telah menjadi kebutuhan dasar bagi sebagian besar masyarakat. Tercermin pada tingginya angka kendaraan bermotor di Indonesia yang didominasi oleh kendaraan sepeda motor. Sejalan dengan banyaknya jumlah kendaraan bermotor, konsumsi minyak bumi sebagai bahan bakar besar jumlahnya sehingga menyebabkan ketergantungan terhadap supply minyak bumi di Indonesia. Pemerintah melihat sepeda motor sepeda motor listrik sebagai solusi kemudian mengeluarkan kebijakan yang menargetkan populasi sepeda motor listrik sebanyak 2 juta unit pada tahun 2025. Kenyataannya jumlah sepeda motor listrik masih kurang dari 2 ribu unit pada tahun 2020. Sehingga perlu dilakukan usaha untuk meningkatkan jumlah tersebut dengan mencari tau faktor yang mempengaruhi minat adopsi sepeda motor listrik. Pada penelitian ini digunakan 8 variabel untuk diuji pengaruhnya terhadap minat adopsi sepeda motor listrik. Kedelapan variabel tersebut didapatkan dari studi literatur penelitian terdahulu. Hipotesis yang diuji pada penelitian ini adalah terdapatnya hubungan positif antara varaibel environmentalism, knowledge, psychological need, personal innovativeness, perceived benefit/cost, perceived performance, dan government policy terhadap minat adopsi dan terdapat hubungan negative antara perceived risk terhadap minat adopsi. Data yang dipakai dalam penelitian dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner selama 9 hari dan didapatkan sebanyak 366 data responden yang dapat dilakukan analisis. Data tersebut kemudian dilakukan pengolahan dengan menggunakan metode PLS-SEM. Hasil dari pengolahan data didapatkan 7 faktor yang mempengaruhi minat adopsi sepeda motor listrik, yaitu environmentalism, knowledge, psychological need, personal innovativeness, perceived benefit/cost, perceived performance, dan government policy. Penelitian ini menghasilkan nilai R2 sebesar 0,541. Pada penelitian ini juga dirumuskan 7 usulan intervensi yang dapat dikeluarkan oleh pemerintah untuk meningkatkan minat adopsi masyarakat. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Analisis minat adopsi sepeda motor listrik di Indonesia dan usulan peningkatannya en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017610181
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0429017501
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account