Usulan perbaikan pada bisnis online aksesoris X berdasarkan faktor-faktor yang memengaruhi niat membeli aksesoris secara daring

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sitorus, Hotna Marina Rosaly
dc.contributor.author Natania, Belinda
dc.date.accessioned 2022-10-26T07:27:04Z
dc.date.available 2022-10-26T07:27:04Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp42068
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/13356
dc.description 5863 - FTI en_US
dc.description.abstract Bisnis online aksesoris X merupakan bisnis online yang menjual aksesoris custom yang terbuat dari bahan resin. Bisnis online aksesoris X menggunakan Instagram sebagai sarana untuk melakukan aktivitas pemasaran dan penjualan. Namun, bisnis online aksesoris X belum berhasil mencapai target penjualan yang ditetapkan. Berdasarkan hasil wawancara dengan pemilik bisnis dan responden, target penjualan yang belum tercapai diakibatkan oleh rendahnya minat beli aksesoris secara daring. Pemilik bisnis hanya berfokus pada faktor produk dan promosi saja, sedangkan masih banyak faktor lainnya yang memengaruhi minat beli aksesoris secara daring. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan dari model penelitian yang sudah diuji sebelumnya, terdapat beberapa faktor yang dapat memengaruhi niat membeli aksesoris secara daring, yaitu social commerce construct, perceived ease of use, information quality, competitive price, sales promotion, trust, dan perceived quality. Untuk mengetahui faktor yang memengaruhi niat membeli akesoris secara daring, dilakukan penyebaran kuesioner. Kuesioner dibagi kedalam tiga bagian, yaitu screening question, profil responden, dan peniliaian terhadap butir pengukuran. Sebanyak 85 data responden wanita berumur 16-30 tahun yang pernah atau ada niat untuk membeli aksesoris secara daring berhasil terkumpul. Kemudian dilakukan evaluasi model pengukuran dan evaluasi model struktural terhadap 85 data responden dengan menggunakan metode PLS-SEM dengan aplikasi smart-PLS. Evaluasi model pengukuran menunjukan seluruh data model pengukuran sudah reliabel dan valid. Evaluasi model struktural menghasilkan 2 faktor/variabel yang memengaruhi online purchase intention secara signifikan dengan nilai R2 sebesar 0,378, yaitu social commerce construct dan information quality. Dalam merancang usulan perbaikan untuk meningkatkan niat beli, perlu dibuat prioritas perbaikan yang dilihat dari nilai importance dan performance. Information quality menempati posisi pertama untuk prioritas perbaikan dan dilanjutkan dengan social commerce construct. Terdapat 16 usulan perbaikan yang dirancang berdasarkan permasalahan yang terjadi dan seluruh usulan perbaikan diterima oleh pemilik bisnis. Usulan perbaikan yang diberikan terkait dengan pembuatan konten, penambahan informasi, pemanfaatan fitur, dan lainnya. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan perbaikan pada bisnis online aksesoris X berdasarkan faktor-faktor yang memengaruhi niat membeli aksesoris secara daring en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017610168
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0417107601
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account