Abstract:
Perkembangan teknologi di masa kini berkembang dengan sangat pesat dimana
virtual reality (VR) merupakan salah satunya. Presence pada VR menjadi faktor penting
dalam memengaruhi penggunaannya karena seseorang dapat menikmati perasaan nyata
saat menggunakan VR. Selain presence, lamanya penggunaan VR juga harus
diperhatikan agar pengguna mengetahui batasan waktu yang tepat agar menghindari
cybersickness. Tujuan penelitian dilakukan untuk mengidentifikasi adanya pengaruh dari
perbedaan generasi dan exposure time terhadap efek presence dan cybersickness. Selain
itu juga, akan dilihat korelasi antara jenis pengukuran fisiologis dan subjektif dari presence
dan cybersickness. Exposure time yang digunakan dapat membantu pemilihan waktu
maksimal lamanya penggunaan virtual reality agar tetap aman dari cybersickness.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan alat VR seperti oculus rift s dibantu
dengan beberapa alat ukur agar mengetahui nilai presence dan cybersickness seperti
samsung smart watch active, Galvanic Skin Response, kuesioner IPQ, dan SSQ.
Eksperimen yang dilakukan menggunakan between-subject design karena kategori
generasi Y (1982-1999) dan generasi Z (2000-2012) tidak dapat digabung sehingga lebih
tepat menggunakan between-subject design. Eksperimen dibuat menjadi 6 kelompok
treatment yang berasal dari kombinasi generasi dan exposure time. Generasi terdiri dari 2
level yaitu generasi Y dan Z, dan exposure time terdiri dari 3 level yaitu 10, 20, dan 30
menit. Hasil eksperimen tersebut diolah menggunakan uji MANOVA two ways dan diakhiri
dengan analisis pengumpulan dan pengolahan data.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa dengan nilai F &
signifikansi faktor generasi berpengaruh terhadap presence (4,4246;0,004) dan
cybersickness (3,558;0,01), kemudian exposure time berpengaruh terhadap presence
(2,802;0,005) dan cybersickness (2,163;0,029), namun interaksi dari generasi dengan
exposure time tidak mempengaruhi presence (1,536;0,143) dan cybersickness
(0,967;0,479). Antara pengukuran subjektif dengan fisiologis pada presence dan
cybersickness tidak terdapat korelasi yang mendukung satu sama lain dan untuk
rekomendasi waktu bermain VR yang disarankan hanya sampai antara 20-30 menit.s