Abstract:
sweattoeat.id adalah salah satu akun Instagram yang memasarkan bisnis
online fitness training. Konten yang telah diposting selama ini belum mendukung
perkembangan bisnis. Diduga bahwa permasalahan terjadi pada konten yang
dibuat belum sesuai dengan kebutuhan target konsumennya. Oleh sebab itu
penelitian kali ini menggunakan metode kansei engineering untuk perancangan
konten Instagram agar sesuai dengan kebutuhan kansei konsumen.
Penelitian diawali dengan identifikasi dan pengelompokkan kata-kata
kansei dari media online dan wawancara. Setelah dikelompokkan, maka
dilanjutkan dengan penyebaran kuesioner semantic differential, pengujian statistik,
serta analisis faktor. Analisis faktor yang dilakukan mengekstraksi lima faktor baru
yang telah mewakili seluruh kelompok kata kansei sebelumnya hingga 66,694%
variansi. Faktor kansei tersebut antara lain bermanfaat, jelas, bertema, estetis, dan
komprehensif. Kelima faktor kansei ini digunakan sebagai acuan dalam melakukan
perancangan ulang konten Instagram.
Hasil rancangan yang dibuat adalah atribut atau properti konten (jenis
post, resolusi konen, komposisi warna, gambar, headline konten, font, serta urutan
post) yang mengacu pada kelima faktor kansei yaitu bermanfaat, jelas, estetis,
bertema, dan komprehensif.Hasil rancangan terbukti berbeda signifikan terhadap
konten awal dengan nilai signifikansi pada uji Kruskal Wallis lebih kecil dari 0,5.
Berdasarkan metrik Instagram, terjadi peningkatan sebesar 29450% pada
interaksi keseluruhan konten, dan 2574% pada reach audience. Berdasarkan
evaluasi, maka terbukti konten Instagram yang mengandung kansei lebih diminati
audience.