Abstract:
Pada tahun 2020, Indonesia menjadi negara yang terdampak virus Covid-19. Hal
ini menyebabkan terjadinya perubahan seluruh kegiatan yang semula berlangsung offline
menjadi online termasuk kegiatan ibadah. Gereja X merupakan sebuah tempat ibadah
yang berada di Kota Purwakarta, Jawa Barat. Dalam masa pandemi virus Covid-19 ini
Gereja X sedang berupaya untuk meningkatkan kepuasan jemaat terkait ibadah online
yang dilakukan. Berdasarkan survei awal melalui wawancara diketahui bahwa dari 10
jemaat Gereja X terdapat 7 jemaat yang merasa tidak puas dengan ibadah online yang
dilakukan. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan kepuasan jemaat
terhadap layanan ibadah online yang diberikan agar jemaat tetap mengikuti kegiatan
ibadah online selama pandemi ini.
Sebagai upaya membantu Gereja X dalam menyelesaikan permasalahan, maka
dari itu dilakukan penelitian terkait faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan jemaat
dalam mengikuti ibadah online. Pada tahap awal dilakukan studi literatur, wawancara dan
diskusi untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh serta pembentukan model
penelitian. Diperoleh model dengan variabel reliability, ease of use, appearance, content,
security, experience dan communication yang diduga mempengaruhi kepuasan jemaat.
Selanjutnya dilakukan penyusunan dan penyebaran kuesioner untuk menilai model
penelitian ini. Metode yang digunakan untuk mengetahui variable yang mempengaruhi
kepuasan jemaat Gereja X adalah Partial Least Square – Structure Equation Modelling
(PLS-SEM)
Berdasarkan hasil penelitian bahwa kepuasan jemaat Gereja X dipengaruhi
signifikan oleh seluruh variabel dengan nilai R-square sebesar 79,7%. Berdasarkan hasil
pengolahan data dan juga diskusi dengan pihak Gereja X dibuat beberapa usulan
perbaikan. Usulan perbaikan yang diberikan diantaranya pembentukan tim yang dapat
memantau kondisi langsung di Youtube, penambahan alat rekam kamera.