Abstract:
Klinik Utama Elim merupakan sebuah pelayanan medis yang
menyediakan layanan kesehatan bagi seluruh pasien untuk berbagai macam
penyakit dan keluhan. Penelitian diawali karena terdapat permasalahan pada
Klinik Utama Elim diakibatkan oleh tidak adanya website atau aplikasi resmi dari
pihak Klinik Utama Elim yang dapat bertukan informasi dengan pihak konsumen.
Permasalahan ini dibuktikan dengan melakukan wawancara dan studi literatur.
Studi literatur digunakan untuk mencari teori yang berkaitan dan penelitian yang
sejenis yang telah dilakukan sebelumnya.
Perancangan dilakukan dengan teori dari studi literatur yang telah
dilakukan dan dipilih metode Participatory design yang merupakan salah satu
metode dalam perancangan sebuah produk dengan mempertimbangkan usability.
Untuk menyelesaikan permasalahan, terdapat pertimbangan antara membuat
website atau aplikasi, berdasarkan penelitian dipilih website lebih cocok untuk
kasus penelitian ini. Website yang dirancang mempertimbangkan desain yang
memiliki karateristik responsive design agar dapat diakses oleh berbagai macam
platform yang digunakan oleh calon pengguna. Participatory design dianggap
cocok dengan penelitian ini karena melibatkan langsung dengan calon user yang
akan menggunakan website tersebut. Setelah perancangan prototipe dilakukan
juga usability testing agar website dapat menyelesaikan permasalahan yang
sudah diidentifikasi yang dimiliki oleh Klinik Utama Elim
Pada hasil perancangan prototipe dari website Klinik Utama Elim yang
sudah lulus dari uji usability testing, dan juga perancangannya dilakukan dengan
metode participatory design, diharapkan dapat menghapus permasalahan yang
dialami oleh konsumen.