Abstract:
Pengguna e-commerce di Indonesia mengalami peningkatan setiap tahunnya.
Terdapat banyak orang yang menggunakan e-commerce sebagai tempat berjualan salah
satunya adalah toko online Parple Store yang menjual produk skin care. Saat ini, Parple
Store mengalami kesulitan untuk mencapai taget pendapatan yang telah ditentukan.
Berdasarkan dari data yang diperoleh mengenai jumlah konsumen yang pernah
melakukan pembelian di Parple Store Shopee dapat diketahui bahwa konsumen yang
hanya membeli sekali lebih banyak dibandingkan dengan konsumen yang melakukan
pembelian ulang. Produk skin care umumnya akan digunakan secara rutin sehingga
seharusnya konsumen akan melakukan pembelian ulang pada produk yang sama. Oleh
karena itu, Parple Store perlu mengetahui faktor-faktor yang dapat meningkatkan niat beli
ulang konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi niat
beli ulang konsumen untuk produk skin care terutama di toko online Parple Store dan
memberikan usulan kepada Parple Store agar dapat meningkatkan niat beli ulang pada
bisnis online. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan
menggunakan google form dan wawancara melalui telepon kepada konsumen yang
pernah berbelanja di toko online Parple Store. Data hasil kuesioner diolah dengan
menggunakan metode Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM)
menggunakan software SmartPLS 3 dan dilanjutkan pengujian model pengukuran dan
model struktural untuk mengetahui pengaruh variabel terhadap niat pembelian konsumen.
Hasil pengolahan data kuesioner menunjukkan bahwa faktor kualitas produk,
harga, dan kepuasan merupakan faktor yang berpengaruh terhadap niat beli ulang di toko
online Parple Store. Berdasarkan variabel yang mempengaruhi niat beli ulang, didapatkan
14 usulan niat beli ulang antara lain, menambahkan variasi produk, mencari informasi
mengenai tren produk terbaru, menambahkan produk yang sedang tren, memberikan
promo, melakukan review harga, mencoba produk terlebih dahulu, melengkapi informasi
produk, melengkapi informasi toko, menanyakan pendapat konsumen mengenai
pelayanan yang diberikan oleh toko, memberikan rekomendasi produk, melakukan
pengecekan tanggal expired produk, dan memperbaiki kinerja toko.