Usulan peningkatan penjualan di bengkel depot ban berdasarkan faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam memilih bengkel motor

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wibisono, Yogi Yusuf
dc.contributor.author Tjoe, Margaretha Angeline
dc.date.accessioned 2022-10-24T04:09:13Z
dc.date.available 2022-10-24T04:09:13Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp42046
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/13334
dc.description 5841 - FTI en_US
dc.description.abstract Bengkel Depot Ban merupakan bengkel yang menyediakan layanan berupa service penggantian ban motor. Depot Ban cabang Bekasi berdiri pada tahun 2019 dimana hasil penjualan menunjukkan penjualan yang stagnan dan tidak mencapai target penjualan yang telah ditetapkan. Pemilik telah melakukan beberapa upaya untuk meningkatkan niat beli konsumen dengan memberikan promosi dan juga menyediakan beberapa fasilitas namun dirasa masih kurang efektif. Berdasarkan wawancara, diketahui bahwa niat beli orang untuk memilih bengkel Depot Ban masih cukup rendah. Oleh karena itu, diperlukan identifikasi untuk mengetahui faktor yang dapat mempengaruhi niat beli pada bengkel Depot Ban. Penelitian dilakukan dengan membuat model penelitian berdasarkan identifikasi faktor dan studi literatur dimana didapatkan model penelitian dengan variabel produk, harga, promosi, tempat, proses, orang, dan lingkungan fisik berpengaruh terhadap niat beli. Kemudian dilanjutkan dengan penyusunan kuesioner dan penyebaran kuesioner. Hasil kuesioner akan dilanjutkan dengan melakukan uji validitas dan reliabilitas menggunakan analisis faktor dan cronbach's alpha. Selanjutnya dilakukan pengujian regresi linear berganda menggunakan koefisien determinasi, Uji F, dan Uji T untuk mengetahui hubungan variabel independen dengan niat beli konsumen bengkel Depot Ban. Berdasarkan pengolahan data, variabel independen yang berpengaruh secara signifikan yaitu variabel produk, harga, promosi, tempat, dan lingkungan fisik. Maka dari itu didapatkan persamaan regresi sebagai berikut Y= -1,118 + 0,208 XProduk + 0,231 XHarga + 0,104 XPromosi + 0,245 XTempat + 0,214 XLingkunganFisik. Dilakukan perhitungan nilai rata-rata niat beli pada Depot Ban yaitu 5,29 dan bengkel lain yaitu 5,81 yang menunjukkan niat beli Depot Ban lebih rendah. Dari hasil tersebut dilakukan analisis dan juga usulan perbaikan untuk variabel yang berpengaruh signifikan. Terdapat 15 usulan perbaikan yang diberikan. Usulan dibagi menjadi 5 kategori yaitu usulan untuk variabel produk, variabel harga, variabel promosi, variabel tempat, dan variabel lingkungan fisik. Beberapa usulan untuk setiap variabel yaitu mengubah bentuk kemasan produk menjadi dibuka sebagian, memperbanyak produk pada rentang harga Rp 100.000 - Rp. 200.000, Membuat social media seperti Instagram dan facebook, menggunakan neon box, dan membuat jadwal pembersihan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan peningkatan penjualan di bengkel depot ban berdasarkan faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam memilih bengkel motor en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017610125
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0417057401
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account