Abstract:
Bengkel Depot Ban merupakan bengkel yang menyediakan layanan berupa
service penggantian ban motor. Depot Ban cabang Bekasi berdiri pada tahun 2019 dimana
hasil penjualan menunjukkan penjualan yang stagnan dan tidak mencapai target penjualan
yang telah ditetapkan. Pemilik telah melakukan beberapa upaya untuk meningkatkan niat
beli konsumen dengan memberikan promosi dan juga menyediakan beberapa fasilitas
namun dirasa masih kurang efektif. Berdasarkan wawancara, diketahui bahwa niat beli
orang untuk memilih bengkel Depot Ban masih cukup rendah. Oleh karena itu, diperlukan
identifikasi untuk mengetahui faktor yang dapat mempengaruhi niat beli pada bengkel
Depot Ban.
Penelitian dilakukan dengan membuat model penelitian berdasarkan identifikasi
faktor dan studi literatur dimana didapatkan model penelitian dengan variabel produk,
harga, promosi, tempat, proses, orang, dan lingkungan fisik berpengaruh terhadap niat
beli. Kemudian dilanjutkan dengan penyusunan kuesioner dan penyebaran kuesioner.
Hasil kuesioner akan dilanjutkan dengan melakukan uji validitas dan reliabilitas
menggunakan analisis faktor dan cronbach's alpha. Selanjutnya dilakukan pengujian
regresi linear berganda menggunakan koefisien determinasi, Uji F, dan Uji T untuk
mengetahui hubungan variabel independen dengan niat beli konsumen bengkel Depot
Ban.
Berdasarkan pengolahan data, variabel independen yang berpengaruh secara
signifikan yaitu variabel produk, harga, promosi, tempat, dan lingkungan fisik. Maka dari itu
didapatkan persamaan regresi sebagai berikut Y= -1,118 + 0,208 XProduk + 0,231 XHarga
+ 0,104 XPromosi + 0,245 XTempat + 0,214 XLingkunganFisik. Dilakukan perhitungan nilai
rata-rata niat beli pada Depot Ban yaitu 5,29 dan bengkel lain yaitu 5,81 yang menunjukkan
niat beli Depot Ban lebih rendah. Dari hasil tersebut dilakukan analisis dan juga usulan
perbaikan untuk variabel yang berpengaruh signifikan. Terdapat 15 usulan perbaikan yang
diberikan. Usulan dibagi menjadi 5 kategori yaitu usulan untuk variabel produk, variabel
harga, variabel promosi, variabel tempat, dan variabel lingkungan fisik. Beberapa usulan
untuk setiap variabel yaitu mengubah bentuk kemasan produk menjadi dibuka sebagian,
memperbanyak produk pada rentang harga Rp 100.000 - Rp. 200.000, Membuat social
media seperti Instagram dan facebook, menggunakan neon box, dan membuat jadwal
pembersihan.