Abstract:
Rumah makan Rumah Datok Pontianak, merupakan sebuah bisnis yang bergerak
di bidang industri makanan. Setelah bisnis ini bergerak selama 3 tahun dari tahun 2017,
terjadi penurunan rata-rata pemasukan yang dimiliki oleh restoran tersebut dari tahun 2019
hingga 2020. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan pemilik usaha, hal ini
dikarenakan kurangnya minat beli ulang konsumen dalam mengunjungi Rumah Datok
Pontianak. Oleh karena itu dibutuhkan penelitian untuk mengetahui faktor yang
memengaruhi minat beli ulang konsumen terhadap Rumah Datok Pontianak. Penelitian ini
diawali dengan melakukan penentuan variabel dan juga atribut yang dapat memengaruhi
minat beli ulang pada konsumen tersebut. Kemudian dilakukan pengumpulan data yang
dimulai dengan perancangan kuesioner dan dilanjutkan dengan penyebaran kuesoner.
Setelah data terkumpul dilakukan pengujian model penelitian dengan menggunakan
Structural Equation Modeling dengan metode Partial Least Square (PLS-SEM).
Hasil evaluasi pengujian model pengukuran memberikan hasil bahwa model
pengukuran telah valid dan reliabel. Hasil evaluasi model struktural yang telah dilakukan
pengukuran menunjukkan bahwa terdapat tiga variabel yang berpengaruh signifikan
terhadap revisit intention dari seorang konsumen yaitu kepuasan pelanggan, produk, dan
lokasi dari Rumah Datok Pontianak. Posisi prioritas utama yang dimiliki adalah variable
place. Prioritas selanjutnya adalah variable price dan promotion. Berdasarkan faktor-faktor
yang memengaruhi minat beli ulang tersebut, terdapat 7 usulan perbaikan dalam upaya
meningkatkan minat beli ulang yang dapat diterima oleh pemilik usaha Rumah Datok
Pontianak dengan memperbaiki strategi pemasaran, penyesuaian lokasi, dan penyesuaian
kelayakan harga produk yang dijual.