Usulan penanganan limbah kemasan transaksi e-commerce fashion menggunakan metode design thinking

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hariandja, Johanna Renny Octavia
dc.contributor.author Mark, Xavier
dc.date.accessioned 2022-10-21T07:49:09Z
dc.date.available 2022-10-21T07:49:09Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp42037
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/13324
dc.description 5832 - FTI en_US
dc.description.abstract Pada masa pandemi, terjadi banyak penyesuaian baru yang dilakukan oleh masyarakat. Penyesuaian ini menyebabkan terjadinya peningkatan penggunaan aplikasi e-commerce pada masa pandemi karena hampir seluruh aktivitas masyarakat dilakukan di rumahnya masing-masing. Peningkatan jumlah transaksi e-commerce ini berimbas kepada penggunaan kemasan pada proses pengiriman barang yang menyebabkan meningkatnya limbah kemasan yang hadir di tengah masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kondisi terkini dari masalah limbah kemasan dan memberikan rancangan solusi untuk permasalahan limbah kemasan dari transaksi e-commerce fashion (produk terlaris e-commerce). Dalam proses pencarian solusi dari masalah yang dihadapi, dilakukan pencarian solusi menggunakan metode Design Thinking. Metode Design Thinking adalah sebuah metode pencarian sebuah solusi dengan mengandalkan kreatifitas. Solusi yang dihasilkan dari metode Design Thinking bersifat human centered dan dapat memenuhi kebutuhan aktor dari masalah yang dihadapi dikarenakan adanya proses diskusi dengan aktor-aktor yang terlibat dalam masalah yang dihadapi. Terdapat 6 fase yang digunakan dalam metode ini. Fase Understand dilakukan wawancara kepada 5 orang seller, 5 orang konsumen, dan 2 perusahaan ekspedisi untuk mendapatkan kebutuhan dari pihak terkait. Pada fase Observe dilakukan pengamatan berdasarkan Activities, Environment, interactions, Object, dan User. Fase Define adalah pendefinisian masalah utama yang dihadapi menggunakan metode How Might We Questions. Pada fase Ideate dilakukan menggunakan metode analogies & benchmarking yang menghasilkan sebuah prototipe mengenai layanan penyewaan kemasan untuk transaksi e-commerce fashion berbasis aplikasi bernama “Pinjemin”. Prototipe yang dibuat adalah berupa video singkat yang menjelaskan tampilan aplikasi, prototipe kemasan, dan langkah penyewaan kemasan untuk transaksi e-commerce fashion. Pengetesan prototipe dilakukan dengan melibatkan seller, konsumen, dan perusahaan ekspedisi dan didapatkan masukan dari responden yang mengenai biaya dan SOP. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan penanganan limbah kemasan transaksi e-commerce fashion menggunakan metode design thinking en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017610104
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0411107801
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account