Abstract:
Durian Musangking MSK merupakan toko makanan durian online yang
menggunakan Instagram sebagai platform untuk menjual produk mereka. Setelah
lima bulan beroperasi, penjualan durian Musangking MSK cenderung tidak
mencapai target. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan pemilik
usaha, hal ini dikarenakan kurangnya niat beli konsumen pada durian Musangking
MSK. Oleh karena itu dibutuhkan penelitian untuk mengetahui faktor yang
memengaruhi niat beli konsumen terhadap durian Musangking MSK. kemudian
berdasarkan wawancara dengan beberapa responden dan juga studi literatur yang
dilakukan, terdapat beberapa faktor yang masih dapat ditingkatkan untuk
memengaruhi peningkatan niat beli. Penelitian ini diawali dengan melakukan
penentuan variabel dan juga indikator yang dapat memengaruhi niat beli. Terdapat
variabel social commerce constructs yang memiliki tiga dimensi yaitu reviews &
ratings, forums & communities, dan recommendation & referrals kemudian
terdapat variabel lainnya yaitu trust, price fairness, perceived quality, desain
kemasan dan juga kesadaran Kesehatan. Kemudian dilakukan pengumpulan data
yang dimulai dengan perancangan kuesioner dan dilanjutkan dengan penyebaran
kuesoner. Setelah data terkumpul dilakukan pengujian model penelitian dengan
menggunakan Structural Equation Modeling dengan metode Partial Least Square
(PLS-SEM). Hasil evaluasi pengujian model pengukuran memberikan hasil bahwa
model pengukuran telah valid dan reliabel. Hasil evaluasi model struktural
menunjukkan bahwa berdasarkan analisis jalur atau path coefficient terdapat dua
variabel yang berpengaruh signifikan terhadap purchase intention yaitu kesadaran
Kesehatan dan price fairness. Berdasarkan faktor-faktor yang memengaruhi niat
beli, dirumuskan 7 usulan peningkatan niat beli dan seluruh usulan telah diterima
oleh pemilik usaha untuk diterapkan di durian Musangking MSK yang meliputi
konten pemasaran, iklan dan promosi.