Abstract:
Sarang Cemilan merupakan sebuah usaha yang menjual berbagai
macam camilan dan menjual produknya melalui e-commerce. Masalah yang
dialami Sarang Cemilan adalah sudah sekitar 2 tahun Sarang Cemilan berdiri dan
menjual produknya secara online, namun Sarang Cemilan belum dapat mencapai
target penjualan online perbulan yang ditentukan. Target penjualan sudah
diperhitungkan oleh Pemilik dan target tersebut sudah realistis. Tingkat konsumen
yang membeli dengan konsumen yang mengunjungi Sarang Cemilan lebih rendah,
sehingga rata-rata conversion rate Sarang Cemilan lebih rendah dari 10% ini
menunjukkan bahwa minat beli konsumen di toko ini rendah.
Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen
terhadap produk camilan, maka dilakukan wawancara dan studi literatur untuk
mengetahui faktor tersebut. Faktor – faktor yang didapat adalah harga, produk,
promosi, reputasi toko, dan layanan pelanggan. Selanjutnya dibuat kuesioner
berdasarkan indikator penelitian yang diperoleh dari faktor tersebut. Penyebaran
kuesioner dilakukan secara online. Hasil yang diperoleh dilakukan pengujian
validitas dan reliabilitas. Kemudian dilakukan uji regresi linear berganda untuk
mengetahui variabel apa saja yang berpengaruh secara signifikan terhadap minat
beli online konsumen. Lalu, hasil yang diperoleh dievaluasi terhadap penilaian
konsumen Sarang Cemilan.
Hasil yang diperoleh adalah faktor harga, produk, reputasi toko, dan
layanan pelanggan memiliki pengaruh terhadap minat beli konsumen secara
online. Kemudian terdapat nilai rata-rata variabel yang didapatkan, yaitu harga
sebesar 3,22, produk sebesar 4,12, reputasi toko sebesar 2,79, layanan
pelanggan sebesar 2,67, dan nilai rata-rata untuk minat beli diperoleh sebesar
3,035. Terdapat beberapa usulan yang diberikan kepada Sarang Cemilan yang
berdasarkan dari penilaian konsumen terhadap indikator penelitian. Usulan faktor
harga adalah mencari supplier yang menawarkan harga murah dan meminta
diskon harga grosir kepada supplier, usulan untuk faktor reputasi toko adalah
melakukan quality control, mencari produk yang terkenal, dan memberikan extra
bubblewrap, kemudian usulan untuk faktor layanan pelanggan adalah membuat
FAQ, dan menambah karyawan.