Abstract:
Restoran X merupakan salah satu restoran di DKI Jakarta. Restoran X menjual
produk mie dengan topping daging. Pandemi yang berlangsung pada tahun 2020 membuat
omset penjualan Restoran X terus menurun hingga 55%. Diperlukan strategi baru agar
Restoran X dapat tetap bertahan di situasi pandemi. Strategi yang telah dibuat Restoran X
adalah membuat inovasi produk dalam kemasan baru, yaitu makanan beku siap saji atau
frozen ready-to-eat (RTE) dan juga memasarkan produk secara online. Tetapi omset
penjualan Restoran X belum juga mencapai target. Oleh karena itu, diperlukan usulan
bauran pemasaran berdasarkan analisis segmenting, targeting, dan positioning.
Pengambilan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner. Terdapat 226
data responden yang terkumpul dalam penelitian ini. Analisis segmenting menggunakan kmeans
clustering dan menghasilkan 3 segmen yaitu neutral buyer, health oriented buyer,
dan frequent buyer. Berdasarkan 3 segmen tersebut, pada analisis targeting dipilih segmen
health oriented buyer sebagai target pasar. Selanjutnya melakukan analisis positioning
terhadap 8 variabel untuk produk mie dan produk pesaing. Didapatkan hasil produk mie
unggul dalam hal makanan sehat dan daya tarik sensoris.
Usulan bauran pemasaran yang diberikan kepada Restoran X mencakup 4P
(product, price, place, promotion) dan aspek digital (site, personalization, privacy, security,
community, customer service). Terdapat 6 usulan yang diberikan yaitu perancangan ulang
kemasan dengan label yang informatif dan menarik, penambahan variasi menu yang
ditawarkan, pemberian penawaran yang menguntungkan dan menarik, mendaftarkan
produk di marketplace dan bekerja sama dengan mitra pemesanan makanan online,
sistem komunikasi dan pembayaran, dan menjangkau reseller lebih luas.