Abstract:
Industri makanan dan minuman sangat berkembang pesat di Indonesia. Hal ini
didorong dengan berkembangnya pelaku para usaha pada industri ini. Oleh karena itu,
pelaku usaha hendaknya harus terus melakukan evaluasi dan merancang strategi untuk
dapat bertahan pada persaingan industri makanan dan minuman. Rumah Makan Cek Yang
merupakan salah satu rumah makan vegetarian di Kota Palembang, dimana Rumah
Makan Cek Yang juga terus melakukan evaluasi dan merancang strategi untuk dapat
bersaing di usaha ini. Rumah Makan Cek Yang dari tahun 2019 hingga akhir tahun 2020
tidak dapat mencapai target pendapatan yang telah ditentukan. Penyebab dari tidak
tercapainya target pendapatan adalah terdapatnya banyak pesaing yang menjual produk
seperti Rumah Makan Cek Yang. Oleh karena itu, tingkat keputusan pembelian di Rumah
Makan Cek Yang terus menurun. Dengan permasalahan tersebut, maka Rumah Makan
Cek Yang harus memperbaiki dengan berdasarkan preferensi konsumen dalam memilih
Rumah Makan Vegetarian.
Langkah awal dari penelitian ini adalah dengan menentukan variabel serta atribut
yang akan digunakan berdasarkan wawancara dan penelitian serupa yang telah dilakukan
sebelumnya. Selanjutnya adalah penyusunan dan penyebaran kuesioner secara online di
Rumah Makan Vegetarian lainnya. Total responden yang didapatkan adalah 120
responden. Pengolahan data yang dilakukan dengan menggunakan analisis diskriminan
yang bertujuan untuk mendapatkan variabel yang memiliki tingkat kemampuan paling
tinggi untuk membedakan kelompok yang tidak ingin berkunjung ke Rumah Makan Cek
Yang dengan kelompok yang ingin berkunjung ke Rumah Makan Cek Yang.
Hasil dari pengujian yang dilakukan, didapatkan bahwa model telah valid dan
reliabel. Variabel harga dan produk tidak memiliki kemampuan tinggi dalam membedakan
kelompok yang tidak ingin dan ingin berkunjung ke Rumah Makan Cek Yang. Sedangkan
untuk variabel tempat dan promosi memiliki kemampuan tinggi untuk membedakan kedua
kelompok tersebut. Oleh karena itu, pada variabel tempat dan promosi akan dilakukan
perbaikan berdasarkan nilai rata-rata yang telah diberikan oleh 120 responden. Terdapat
9 usulan yang diberikan kepada Rumah Makan Cek Yang sebagi upaya peningkatkan
strategi untuk dapat meningkatkan keputusan pembelian di Rumah Makan Cek Yang.