Abstract:
Toko Jadi Jaya Motor merupakan salah satu toko suku cadang sepeda motor di
Kota Semarang. Selama 7 tahun terakhir, Toko Jadi Jaya Motor mengalami penurunan
omzet penjualan produknya. Melalui identifikasi masalah, diketahui bahwa penyebab
turunnya omzet adalah rendahnya loyalitas pelanggan. Loyalitas pelanggan yang rendah
mengakibatkan angka perpindahan pelanggan Toko Jadi Jaya Motor menjadi tinggi.
Digunakan strategi customer bonding untuk mempertahankan loyalitas pelanggan yang
dimiliki Toko Jadi Jaya Motor. Customer bonding ini memiliki 5 tahapan yaitu awareness
bonding, identity bonding, relationship bonding, community bonding, dan advocacy
bonding. Berdasarkan tahapan tersebut, akan dilakukan identifikasi kebutuhan pelanggan
di Toko Jadi Jaya Motor dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 30 pelanggan. Item
dan pernyataan kuesioner didapatkan dari studi literatur dan wawancara. Pengolahan data
dilakukan untuk mencari tahu hubungan pengaruh antara customer bonding terhadap
loyalitas pelanggan. Pengolahan data ini dilakukan menggunakan analisis regresi linear
berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi, diketahui bahwa identity bonding tidak
memberikan pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Sedangkan keempat
variabel customer bonding lainnya memberikan pengaruh yang signifikan. Pemberian
usulan perbaikan taktik pemasaran di Toko Jadi Jaya Motor didasarkan pada variabelvariabel
customer bonding yang berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan.