Usulan jumlah video pembelajaran dan kehadiran pengajar untuk meningkatkan efektivitas video pembelajaran daring di Universitas X

Show simple item record

dc.contributor.advisor Theopilus, Yansen
dc.contributor.author Hermanto, Vincent Davin
dc.date.accessioned 2022-10-18T08:59:13Z
dc.date.available 2022-10-18T08:59:13Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp42001
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/13291
dc.description 5796 - FTI en_US
dc.description.abstract Pada tahun 2020, terjadinya wabah Covid-19 yang menyebabkan banyaknya perubahan dalam sistem untuk segala aspek di dunia, yang salah satunya menyebabkan pembelajaran secara daring mulai dilaksanakan. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Biro Administrasi pada Universitas X, didapatkan bahwa hanya 60,6% mahasiswa mengatakan dosen/asisten telah menjalankan perkuliahan dengan menarik dan hanya 60% mahasiswa mengatakan penyampaian materi memiliki kualitas yang sama dengan pembelajaran luring. Selain itu terdapat 49,2% dosen yang mengatakan bahwa interaksi pembelajaran daring berjalan dengan baik dan hanya 54,9% mahasiswa yang mengatakan bahwa interaksi pembelajaran daring sudah cukup baik. Dalam memastikan hal tersebut, telah dilakukan wawancara terhadap mahasiswa aktif pada Universitas X. Didapatkan bahwa 10 dari 12 narasumber mengatakan bahwa pembelajaran tatap muka masih lebih efektif dibandingkan pembelajaran daring. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran daring karena efektivitas pembelajaran daring pada Universitas X masih dianggap memiliki urgensi yang cukup tinggi. Dalam upaya melakukan peningkatan efektivitas pembelajaran secara daring, maka perlu diperhatikan variabel-variabel yang diduga dapat diatur untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran daring tersebut. Telah ditetapkan terdapat 2 variabel yang dianggap mempengaruhi efektivitas pembelajaran daring yang didapatkan berdasarkan studi literatur. Kedua variabel tersebut yaitu, kehadiran muka pengajar pada video pembelajaran dan jumlah video pembelajaran. Setiap variabel tersebut memiliki dua buah level yang berbeda sehingga didapatkan 4 buah kombinasi treatment pada penelitian desain eksperimen ini. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini terdapat dua yaitu, data peningkatan performansi yang dihasilkan pada pre-test dan post-test dan data kuesioner perceived learning effectiveness. Seluruh data yang dikumpulkan tersebut nantinya akan dilakukan pengujian validitas, reliabilitas, asumsi klasik MANOVA, dan pengaruh MANOVA untuk mengetahui pengaruh dari setiap variabel tersebut. Berdasarkan hasil pengujian MANOVA yang telah dilakukan dapat dikatakan bahwa variabel kehadiran pengajar dan jumlah video pembelajaran memiliki pengaruh individu terhadap data peningkatan performansi yang merupakan data yang bersifat objektif. Pada pengujian beda Tukey didapatkan bahwa level variabel kehadiran pengajar lebih baik apabila terdapat muka pengajar dalam video pembelajaran dan level variabel jumlah video lebih baik apabila video dilakukan pemecahan dengan durasi setiap video yang lebih singkat. Hasil usulan penelitian yang diberikan berupa dengan membuat video pembelajaran yang terdapat muka pengajar disertai dengan gestur pengajar dan video pembelajaran yang terdiri dari beberapa video dengan durasi yang tidak terlalu lama. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan jumlah video pembelajaran dan kehadiran pengajar untuk meningkatkan efektivitas video pembelajaran daring di Universitas X en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017610023
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0426059402
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account