Usulan peningkatan brand awareness dan dampaknya terhadap minat beli pada Teman Lama Coffee Shop 2.0

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wibisono, Yogi Yusuf
dc.contributor.author Octavio, Billy
dc.date.accessioned 2022-10-18T08:47:39Z
dc.date.available 2022-10-18T08:47:39Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp42000
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/13290
dc.description 5795 - FTI en_US
dc.description.abstract Belakangan ini, kebiasaan meminum kopi telah menjadi tren bagi warga Negara Indonesia. Hal ini ditunjukan dengan meningkatnya konsumsi kopi di Indonesia dan meningkatnya jumlah coffee shop khususnya di Kota Bandung. Teman Lama Coffee Shop 2.0 merupakan cabang Teman Lama Coffee Shop yang berada di Kota Bandung. Menurut hasil wawancara dengana pemilik toko, selama 4 bulan sejak Teman Lama Coffee Shop 2.0 dibuka jumlah pembelian konsumen masih belum mencapai ekspektasi. Dari hasil wawancara terhadap 45 orang target pasar, 71,1% masih belum pernah mendengar Teman Lama Coffee Shop 2.0 sehingga penyebab belum tercapainya ekspektasi pembelian dikarenakan rendahnya brand awareness. Mengingat pentingnya brand awareness maka perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan brand awareness Teman Lama Coffee Shop 2.0. Dalam upaya untuk meningkatkan brand awareness, langkah awal yang perlu dilakukan adalah mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi brand awareness. Dari hasil wawancara konsumen dan studi literatur, peneliti menentukan 4 faktor yang diduga mempengaruhi brand awareness yaitu periklanan, media sosial, word of mouth, dan tampilan eksterior toko. Selain itu, peneliti juga menduga adanya implikasi dari brand awareness terhadap minat beli konsumen. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Hasil dari pengumpulan data diolah dengan menggunakan Metode PLS-SEM dengan bantuan software SmartPLS 3.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel laten media sosial, word of mouth, dan tampilan eksterior toko berpengaruh signifikan terhadap brand awareness. Selain itu, variabel brand awareness juga berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen. Dari hasil ini, peningkatan brand awareness ini penting sebagai upaya peningkatan niat beli konsumen. Hasil usulan untuk penelitian berupa perluasan ruang lingkup media sosial dan e-commerse, pembuatan program referral, memberikan sarana untuk ulasan, saran, kritik, dan keluhan dari konsumen, menunjukan keunikan produk, mempromosikan dengan bantuan influencer, membuat papan penunjuk lokasi coffee shop, membuat acara serta mengundang komunitas untuk datang meramaikan acara, membuat poster menarik mengenai minuman signature, dan memperbesar ukuran nama dan logo pada coffee shop. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan peningkatan brand awareness dan dampaknya terhadap minat beli pada Teman Lama Coffee Shop 2.0 en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017610022
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0417057401
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account