Abstract:
Belakangan ini, kebiasaan meminum kopi telah menjadi tren bagi warga Negara
Indonesia. Hal ini ditunjukan dengan meningkatnya konsumsi kopi di Indonesia dan
meningkatnya jumlah coffee shop khususnya di Kota Bandung. Teman Lama Coffee Shop
2.0 merupakan cabang Teman Lama Coffee Shop yang berada di Kota Bandung. Menurut
hasil wawancara dengana pemilik toko, selama 4 bulan sejak Teman Lama Coffee Shop
2.0 dibuka jumlah pembelian konsumen masih belum mencapai ekspektasi. Dari hasil
wawancara terhadap 45 orang target pasar, 71,1% masih belum pernah mendengar
Teman Lama Coffee Shop 2.0 sehingga penyebab belum tercapainya ekspektasi
pembelian dikarenakan rendahnya brand awareness. Mengingat pentingnya brand
awareness maka perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan brand awareness Teman
Lama Coffee Shop 2.0.
Dalam upaya untuk meningkatkan brand awareness, langkah awal yang perlu
dilakukan adalah mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi brand awareness.
Dari hasil wawancara konsumen dan studi literatur, peneliti menentukan 4 faktor yang
diduga mempengaruhi brand awareness yaitu periklanan, media sosial, word of mouth,
dan tampilan eksterior toko. Selain itu, peneliti juga menduga adanya implikasi dari brand
awareness terhadap minat beli konsumen. Pengumpulan data dilakukan dengan
penyebaran kuesioner. Hasil dari pengumpulan data diolah dengan menggunakan Metode
PLS-SEM dengan bantuan software SmartPLS 3.0.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel laten media sosial, word of
mouth, dan tampilan eksterior toko berpengaruh signifikan terhadap brand awareness.
Selain itu, variabel brand awareness juga berpengaruh signifikan terhadap minat beli
konsumen. Dari hasil ini, peningkatan brand awareness ini penting sebagai upaya
peningkatan niat beli konsumen. Hasil usulan untuk penelitian berupa perluasan ruang
lingkup media sosial dan e-commerse, pembuatan program referral, memberikan sarana
untuk ulasan, saran, kritik, dan keluhan dari konsumen, menunjukan keunikan produk,
mempromosikan dengan bantuan influencer, membuat papan penunjuk lokasi coffee shop,
membuat acara serta mengundang komunitas untuk datang meramaikan acara, membuat
poster menarik mengenai minuman signature, dan memperbesar ukuran nama dan logo
pada coffee shop.