Usulan strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan kain pada Toko Kain Sinar Sandang

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nawangpalupi, Catharina Badra
dc.contributor.author Surya, Jonathan Liman
dc.date.accessioned 2022-10-17T04:45:00Z
dc.date.available 2022-10-17T04:45:00Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp41996
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/13286
dc.description 5791 - FTI en_US
dc.description.abstract Toko Kain Sinar Sandang merupakan sebuah toko ritel yang tergolong ke dalam UMKM yang bergerak di bidang industri tekstil, tepatnya menjual kain. Toko tersebut sudah berdiri sejak tahun 2011 dan berlokasi di Bandung, tepatnya di daerah Cigondewah. Toko Kain Sinar Sandang menjual berbagai macam kain, mulai dari kain spandek denim, spandek rayon, spandek PE motif polos, dan spandek PE motif salur dengan ukuran yang bervariasi. Permasalahan yang dialami oleh Toko Kain Sinar Sandang, yaitu penjualan yang semakin menurun selama tahun 2020. Penjualan menurun diduga karena faktor pemasaran yang belum berjalan dengan baik, adanya toko baru sebagai pesaing, dan peristiwa tak terduga Covid-19. Dalam hal ini, perlu dirancang strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan kembali penjualan. Penelitian dimulai dari mengidentifikasi masalah dan mengumpulkan data dengan menyebarkan kuesioner untuk mengetahui faktor apa saja yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli kain. Kemudian menentukan variabel dan atribut yang nantinya akan dianalisis untuk mendapatkan cluster terbaik dengan metode K-Means. Hasil cluster terbaik akan melalui proses segmenting untuk mengetahui karakteristik dari setiap segmen, kemudian melakukan targeting untuk memilih segmen yang akan dijadikan target, dan positioning untuk mengetahui posisi dan penawaran yang diberikan oleh Toko Kain Sinar Sandang. Hasil clustering didapatkan cluster terbaik berjumlah 3 cluster. Kemudian, dari proses targeting, didapatkan segmen yang terpilih, yaitu segmen 2 yang dilanjutkan dengan membuat positioning. Berdasarkan hasil tersebut, usulan untuk Toko Kain Sinar Sandang adalah meningkatkan pelayanan dan menjaga privasi serta transaksi konsumen. Selain itu, menurunkan harga produk dengan tetap mempertahankan kuaitas dari produk kain yang dijual. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan kain pada Toko Kain Sinar Sandang en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017610015
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0404127301
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account