Abstract:
Pengusaha dan bisnis online di Indonesia bertumbuh cepat, ditandai dengan
transaksi ekonomi digital yang mencapai 27 miliar USD. Dalam menjalankan bisnis online,
pengusaha memerlukan promosi dan presentasi produk untuk dapat bersaing. Namun,
masih banyak pengusaha yang tidak memiliki waktu atau kemampuan untuk mengurus
bidang presentasi produknya. Disisi lain, pertumbuhan freelancer digital kreatif juga tinggi.
Sebanyak 56,8% orang Indonesia bekerja pada sektor Informal seperti freelancer. Namun,
masih banyak freelancer digital kreatif yang belum mendapatkan penghasilan karena tidak
tercapai oleh klien. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi baru
untuk menghubungkan freelancer digital kreatif dengan pengusaha di bidang penjualan
produk dengan menggunakan metode Design Thinking.
Terdapat 5 tahap pada metode Design Thinking. Pada tahap empathize,
dilakukan untuk mengetahui permasalahan, perasaan, kebutuhan, dan keinginan tiap user.
Pada tahap define, dilakukan untuk mengetahui apa saja fitur yang dibutuhkan dan
diinginkan oleh user dalam mencapai tujuannya. Pada tahap ideate, dilakukan
pengembangan konsep aplikasi Creathings dengan menggunakan design workshop. Pada
tahap prototype, dibuat prototype berdasarkan konsep yang terpilih pada tahap ideate.
Pada tahap test dilakukan pengetesan terhadap prototype dengan menggunakan metode
usability testing.
Pada penelitian ini dihasilkan satu buah prototype yang berfungsi untuk
mempertemukan freelancer dan entrepreneur. Konsep aplikasi ini adalah entrepreneur
akan membuat lowongan pekerjaan yang dapat dilamar oleh freelancer. Terdapat berbagai
fitur untuk membantu user seperti, artikel, job vacancy, profile dan lain sebagainya. Pada
tahap test, dilakukan evaluasi prototype aplikasi Creathings berdasarkan 6 aspek usability.
Berdasarkan pengujian, diketahui prototype aplikasi Creathings memenuhi semua aspek
yang diuji pada usability testing. Aspek efektivitas yang didapatkan adalah 88,9%, untuk
tampilan entrepreneur dan 92% untuk tampilan freelancer. Aspek efisiensi yang didapatkan
adalah 86,1%, untuk tampilan entrepreneur dan 89,7% untuk tampilan freelancer. Aspek
kegunaan yang didapatkan adalah 85,7%, untuk tampilan entrepreneur dan 87,5% untuk
tampilan freelancer. Aspek kepuasan yang didapatkan adalah 86,97%, untuk tampilan
entrepreneur dan 86,73% untuk tampilan freelancer.