Usulan perancangan model bisnis pada Kopi Duwara dengan menggunakan kerangka Business Model Canvas (BMC)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Loice, Romy
dc.contributor.author Anggasari, Luthfi
dc.date.accessioned 2022-10-14T02:38:33Z
dc.date.available 2022-10-14T02:38:33Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp41986
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/13272
dc.description 5781 - FTI en_US
dc.description.abstract Jumlah konsumsi kopi di Indonesia terus meningkat, tahun 2017 jumlah konsumsi kopi sebanyak 4750 kantong hingga tahun 2020 menyentuh pada angka sebanyak 5000 kantong (ICO, 2021). Objek penelitian ini yaitu Kopi Duwara, bisnis yang bergerak pada bidang minuman. Saat ini target penjualan Kopi Duwara belum tercapai, yang dapat disebabkan karena Kopi Duwara merupakan bisnis baru, terdapat kendala pemenuhan bahan baku, proses pemasaran belum maksimal, serta belum terdapat model bisnis yang terstruktur untuk Kopi Duwara, sehingga belum memiliki acuan dalam menjalankan bisnisnya. Oleh sebab itu diperlukan perancangan model bisnis untuk Kopi Duwara, usulan rancangan model bisnis Kopi Duwara dengan menggunakan Business Model Canvas (BMC). Dalam merancang model bisnis dilakukan analisis dari lingkungan eksternal dengan menggunakan Porter’s Five Forces Analysis, selanjutnya berdasarkan hasil yang diperoleh dapat diketahui ancaman persaingan dari bisnis tersebut. Ancaman tersebut dipetakan kedalam SWOT Analysis untuk mengetahui faktor lingkungan eskternal dan internal dari bisnis Kopi Duwara. Value Proposition Canvas digunakan untuk identifikasi dalam menciptakan dan meningkatkan value bagi pelanggan serta memperoleh segmentasi pelanggan yang lebih spesifik. Selanjutnya dilakukan analisis aspek pemasaran dengan marketing mix. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, Kopi Duwara belum memiliki segmentasi pelanggan yang spesifik. Hal ini berdampak pada kegiatan pemasaran menjadi sulit dilakukan, sehingga dapat menjadi salah satu dampak dari target penjualan yang belum tercapai. Sehingga, diberikan usulan perancangan model bisnis untuk Kopi Duwara dengan merancang segmentasi pasar yang lebih spesifik. Selain itu, Kopi Duwara perlu untuk menambahkan variabel place serta promotion. Kopi Duwara juga perlu memiliki alternatif supplier serta agar Kopi Duwara dapat tetap dekat dengan pelanggan, Kopi Duwara disarankan untuk interaktif dalam menggunakan media social. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan perancangan model bisnis pada Kopi Duwara dengan menggunakan kerangka Business Model Canvas (BMC) en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016610047
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0418048102
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account