Faktor-faktor pada social media advertising dan influencer marketing yang meningkatkan niat beli konsumen Zalora

Show simple item record

dc.contributor.advisor Prasetya, Ivan
dc.contributor.author Listiani, Evi
dc.date.accessioned 2022-07-26T01:41:57Z
dc.date.available 2022-07-26T01:41:57Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp42198
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/13159
dc.description 24388 - FE en_US
dc.description.abstract Semakin pesatnya peningkatan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi menuntun para pelaku bisnis untuk berpikir kreatif dan mengikuti perkembangan zaman. Saat ini internet sudah menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat. Segala sesuatu sudah beralih kearah online, salah satunya adalah cara masyarakat dalam melakukan pembelian. Sebagian besar hal yang dicari dan dibutuhkan oleh masyarakat sudah dapat didapatkan secara online. Kondisi ini menjadi tantangan bagi para pelaku bisnis untuk dapat mengubahnya menjadi peluang dalam berbisnis. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan adanya kemajuan zaman ini, misalnya pelaku bisnis dapat memanfaatkan social media untuk meningkatkan daya saing mereka. Misalnya seperti melakukan iklan melalui platform media sosial seperti instagram (instagram advertising / instagram ads) dan menggunakan bantuan influencer marketing untuk mengiklankan dan memasarkan suatu produk. Perkembangan ini juga sangat mempengaruhi masyarakat Indonesia, karena mereka sudah mulai beralih dari pembelanjaan offline ke online. Zalora adalah salah satu contoh perusahaan yang memanfaatkan kesempatan tersebut. Kendala yang terjadi adalah rendahnya tingkat pembelian pada Zalora, padahal tingkat pencarian barang secara online yang tertinggi di Indonesia adalah produk fashion. Zalora sendiri membranding dirinya sebagai e-commerce yang memfokuskan menjual produk fashion. Namun Zalora dianggap belum memaksimalkan saluran pemasaranya melalui social media (instagram ads dan influencer marketing) yang diduga menjadikan niat beli konsumen masih rendah. Oleh karena itu pada penelitian kali ini, peneliti mencari aspek apa saja pada social media advertising dan influencer marketing yang mampu meyakinkan konsumen dalam melakukan pembelian di Zalora berdasarkan jenis kelamin dan usia Metode yang digunakan pada penelitian kali ini adalah exploratory research dan berdasarkan tujuanya penelitian ini masuk dalam kategori applied research karena hasil penelitian ini bermanfaat untuk memecahkan atau mencari jalan keluar terhadap permasalah yang ada. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan 2 metode yaitu studi literatur dan wawancara secara mendalam. Hasil pada penelitian kali ini menunjukan aspek apa saja yang dianggap kurang, cukup, dan sudah baik yang telah dilakukan oleh Zalora berdasarkan beberapa golongan yang akan disajikan dalam bentuk tabel yang kemudian dijelaskan secara kualitatif. Hasil penelitian ini juga menampilkan dan menjabarkan faktor apa saja yang dianggap penting untuk memperbaiki aspek-aspek tersebut. Terakhir penelitian ini juga memaparkan sudut pandang konsumen terkait persepsi mereka dalam pembelian di Zalora dibanding ecommerce lainnya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat baik bagi pihak organisasi ataupun pihak lainnya dikemudian hari. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject social media advertising en_US
dc.subject influencer marketing en_US
dc.subject Zalora en_US
dc.subject instagram advertising en_US
dc.subject purchase intention en_US
dc.title Faktor-faktor pada social media advertising dan influencer marketing yang meningkatkan niat beli konsumen Zalora en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017120002
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0406088506
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account