Abstract:
Bidang usaha food and beverage sangat berkembang pada saat ini. Salah
satu dampak yang sangat menonjol adalah inovasi produk itu sendiri. Inovasi
produk menjadi sangat penting di industri ini karena dapat menghasilkan nilai
unggul kepada perusahaan. Bisnis ricebox Lele.Go! di Kota Bandung menghadapi
tantangan dalam menciptakan inovasi sejak berdiri di masa pandemi dan masa yang
akan datang.
Kajian inovasi produk yang dilakukan oleh Lele.Go! dikaji dalam berbagai
atribut. Atribut produk yang dikaji berupa kualitas, branding, kemasan, ciri khas
(labeling), dan pelayanan. SWOT digunakan untuk melakukan evaluasi dari produk
dan membuat program yang akan dikembangkan Lele.Go! untuk masa mendatang.
Analisis inovasi produk dan keunggulan produk Lele.Go! ini dilakukan
dengan menggunakan metode deskriptif dengan melakukan teknik survey kepada
konsumen dan melakukan wawancara yang mendalam kepada pemilik dan pekerja
perusahaan yang dilakukan pada tahun 2020.
Dari penelitian ini diketahui bahwa inovasi produk menonjol dalam bahan
baku, yaitu produk lele yang menjadi keunggulan dari produk ricebox Lele.Go!
Hasil dari analisis inovasi produk ada pada penggunaan dan kualitas penggunaan
bahan baku, yaitu dengan menggunakan ikan lele yang jarang digunakan oleh
pengusaha dalam bidang food and beverage yang menjadikan bahan baku ikan lele
menjadi nilai unggul.