Analisis Agile Governance dalam pelayanan pembayaran pajak melalui E-Satria di Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BPPD) Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Herwanto, Trisno Sakti
dc.contributor.author Abiyyu, Gaeka Rafif
dc.date.accessioned 2022-04-12T01:03:06Z
dc.date.available 2022-04-12T01:03:06Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp41017
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12910
dc.description 9504 - FISIP en_US
dc.description.abstract Penelitian ini diarahkan untuk mengetahui praktek agile governance dalam pelayanan publik, khususnya dalam pelayanan E-Satria (Electronic Self Assesment Tax Reporting Apps). Sebelum E-Satria diluncurkan, pada tahun 2017 Pemerintah Provinsi Jawa Barat menjadi daerah yang dipandang oleh pemerintah pusat karena keunggulan teknologinya. Berdasarkan observasi awal penelitian ditemukan fakta yang terjadi dilapangan pada E-Satria yaittu: E-Satria memiliki hasil yang baik untuk perubahan pelayanan pelaporan pajak, BPPD mampu menyediakan layanan untuk mengenali apa yang sedang dibutuhkan dan sedang berkembang dimasyarakat dan dapat melakukannya secara responsif. Agile governance digunakan dalam penelitian sebagai model analisis yang mampu menilai ketangkasan program pelayanan pemerintah terutama terkait dengan pelayanan berbasis digital. Model ini memiliki 6 karakteristik yaitu: Good Enough Governance, Bussiness Driven, Human Focused, Based On Quick Wins, Systematic And Adaptive Approach, Simple Design Continous Refinement. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen menjadi metode pengumpulan data yang dilaksanakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa BPPD Kota Bandung telah memiliki sifat agile dalam penyelenggaraan E-Satria. Secara lebih spesifik, BPPD Kota Bandung telah memiliki enam karakteristik. Terkait Good Enough Governance sudah sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat dalam pengembangan sistem pelayanan pajak daerah. Business Driven menjadikan peningkatan dalam efektivitas dan efisien. Terkait Human Focused melibatkan setiap pegawai dalam penyampaian ide terkait ide pengembangan pelayanan. keberhasilan yang cepat diperoleh BPPD dalam pembuatan aplikasi inovatif E-satria menjadi motivasi keberlanjutan dalam pengembangan inisiatif tata kelola sesuai dengan Based On Quick Wins. Dalam prinsip Systematic and Adaptive Approach Jika terjadi faktor baru yang timbul dari perkembangan lingkungan BPPD mampu menyesuaikan dengan lingkungan yang baru. Dan BPPD mampu mengadopsi desain yang sederhana dalam melakukan perbaikan dalam setiap pengembangannya. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Agile Governance en_US
dc.subject BPPD Kota Bandung en_US
dc.subject Pelayanan Pelaporan en_US
dc.subject Pajak en_US
dc.subject E-Satria en_US
dc.title Analisis Agile Governance dalam pelayanan pembayaran pajak melalui E-Satria di Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BPPD) Kota Bandung en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016310132
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0430098902
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI607#Ilmu Administrasi Publik


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account