Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh
Perencanaan Strategis terhadap Kinerja Organisasi Satuan Polisi Pamong Praja
Kota Bandung. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut, maka penelitian ini
menggunakan teori Perencanaan Strategis oleh Greenberg terdiri dari 10 dimensi
dengan alar ukur yaitu [1] Mendefinisikan Tujuan [2] Mendefinisikan Lingkup
Produk dan Jasa [3] Menilai Sumber Daya Internal [4] Menilai Lingkungan
Eksternal [5] Menganalisis Peraturan Internal [6] Menilai Keuntungan Kompetitif
[7] Mengembangkan Strategi Kompetitif [8] Mengkomunikasikan Strategi Dengan
Stakeholder [9] Mengimplementasikan Strategi dan [10] Mengevaluasi Manfaat.
Sedangkan teori Kinerja Organisasi menurut Agus Dwiyanto terdiri dari 5 dimensi
dengan alat ukur yaitu [1] Produktivitas [2] Kualitas Layanan [3] Responsivitas [4]
Responsibilitas dan [5] Akuntabilitas publik
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif
yang menggunakan jenis penelitian desain kausal dengan menguji pengaruh antara
kedua variabel. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada
45 pegawai dan untuk mendukung hasil kuesioner dilakukan wawancara kepada 10
pegawai di Satpol PP Kota Bandung.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pegawai Satpol PP Kota
Bandung menilai baik Perencanaan Strategis yang diukur karena secara
keseluruhan 10 dimensi dinyatakan baik dan Kinerja Organisasi dalam kategori
tinggi yang dilihat dari hasil data penelitian. Lalu, dalam analisis korelasi, didapati
adanya pengaruh positif signifikan dan hubungan moderat antara Perencanaan
Strategis dan Kinerja Organisasi Satpol PP Kota Bandung. Saran untuk tetap
menjaga pengaruh Perencanaan Strategis yang positif terhadap Kinerja Organisasi
Satpol PP Kota Bandung adalah selalu memperbarui dan menyesuaikan
perencanaan strategis di setiap periodenya agar dapat menyesuaikan dengan
kebutuhan di lapangan dan Kinerja organisasi yang selalu di tingkatkan dengan
memanfaaatkan strategi yang matang dan sumber daya yang di miliki.