Abstract:
Tujuan dari penelitian ini yaitu merancang umpan balik menggunakan 360-Degree Fedback untuk setiap jabatan di Era Ascot. Era Ascot merupakan perusahaan broker properti yang bergerak di bidang jasa agen properti. Dikarenakan bergerak dibidang jasa agen properti, maka agen (marketing associate) merupakan salah satu aspek penting untuk keberlangsungan perusahaan. Oleh karena itu, untuk menjadikan agen yang berkualitas salah satu cara yang dapat dilakukan adalah memberikan umpan balik atas kinerja sebagai bahan evaluasi dan pengembangan.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara dan studi literatur. Jenis penelitian yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Hasil penelitian ini yaitu rancangan penerapan 360-degree feedback dalam pemberian umpan balik yang disajikan dalam formulir penilaian. Yang tediri atas penentuan tujuan, intrumen penilaian, jumlah sumber penilai, skala penilaian, periode, formulir penilaian, standar penilaian, pemberi umpan balik dan periode pemberian umpan balik. Instrumen penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan kompetensi. Kompetensi dirancang berdasarkan turunan visi misi, arsitektur kompetensi, kamus kompetensi dan profil kompetensi. Menghasilkan kompetensi inti dan kompetensi manajerial.
Saran yang diajukan penulis untuk Era Ascot adalah melakukan sosialisasi mengenai metode 360-degree feedback dan melakukan uji coba serta melakukan evaluasi proses pemberian umpan balik menggunakan 360-degree feedback. Dan menggunakan platform digital untuk implementasi proses 360-degree feedback yang lebi efesien.