dc.description.abstract |
Inovasi merupakan salah satu aktivitas kunci yang harus dilakukan perusahaan untuk tetap bertahan dan berkembang saat ini. Salah satunya adalah industri HPTL (Hasil Pengolahan Tembakau Lainnya) atau rokok elektrik. Penelitian ini menganalisis strategi inovasi yang dilakukan oleh perusahaan AR Brew dan menganalisis strategi pengembangan inovasi di masa mendatang. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data menggunakan beberapa alat bantu yaitu Porter’s Five Forces, PESTLE, IFE, EFE, CPM, SFAS, SWOT, SPACE, IE, Grand Strategy, dan QSPM. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa strategi inovasi yang tepat untuk dilakukan oleh perusahaannya adalah pengembangan produk. Hal tersebut sesuai dengan yang dilakukan oleh AR Brew yang berfokus pada inovasi produk, khususnya rasa pada produk tersebut. Strategi yang dilakukan tersebut sudah cukup efektif dan tepat karena sesuai dengan segala kelemahan dan kekuatan yang dimilikinya. |
en_US |