Analisis persepsi masyarakat Tasikmalaya untuk ekspansi pasar pakaian olahraga

Show simple item record

dc.contributor.advisor Gunawan, Agus
dc.contributor.author Melinda, Vanessa
dc.date.accessioned 2022-04-04T07:26:31Z
dc.date.available 2022-04-04T07:26:31Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp41072
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12851
dc.description 9559 - FISIP en_US
dc.description.abstract Tren gaya hidup sehat dengan berolahraga dalam masa pandemi Covid-19 ini menjadi sumber peluang besar untuk para pelaku usaha dalam industri pakaian olahraga, tidak terkecuali perusahaan yang menaungi Duraking dan DK Outdoors & Sport. Perusahaan terus mencari peluang untuk memperluas jangkauan pasarnya, salah satunya dengan rencana melakukan ekspansi pasar ke beberapa kota, salah satunya Kota Tasikmalaya. Untuk itu, perusahaan membutuhkan analisis pasar dan perencanaan strategi yang sesuai dengan karakteristik pasar, agar dapat diterima oleh pasar juga investasi yang dilakukan sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Untuk perencanaan ekspansi tersebut, memerlukan pemetaan karakteristik pasar dengan melakukan penelitian kualitatif dan mengumpulkan data melalui wawancara dan penyebaran angket. Data perusahaan dianalisis dengan metode marketing mix (4p) dan data diolah mennggunakan Porter’s Five Forces agar dapat diketahui keunggulan, kelemahan, peluang, serta ancaman yang ada, yang kemudian di analisis melalui matriks SWOT. Sehingga bisa didapatkan strategi yang tepat dengan diurutkan berdasarkan prioritas kegiatan yang perlu dilakukan. Data yang diperoleh menghasilkan kesimpulan bahwa, masyarakat Tasikmalaya belum terlalu mengenal merek dan produk. Akan tetapi, ada kecenderungan bahwa masyarakatnya peduli dan membutuhkan produk pakaian olahraga yang mempunyai keunggulan teknologi seperti yang dimiliki Duraking dan DK Outdoors & Sport. Teknologi yang diantaranya adalah teknologi anti radiasi matahari, anti bau, cepat kering, menyesuaikan suhu tubuh, bahan dengan material ringan, dan anti virus. Dalam upaya meningkatkan pengetahuan masyarakat akan keunggulan produk ini, penulis memberikan beberapa rencana strategi untuk melakukan ekspansi pasar ke Tasikmalaya. Diantaranya, meningkatkan strategi pemasaran produk terkait keunggulan produk dengan jangkauan yang lebih luas agar dapat meningkatkan brand awareness dan brand image yang lebih tertanam pada masyarakat. Kedua, memaksimalkan penjualan pada media yang dimiliki seperti website dan e-commerce dan selalu melakukan inovasi produk yang berkualitas namun tetap dengan harga yang terjangkau sesuai permintaan masyarakat. Ketiga, menjalin kerjasama dengan merek-merek besar atau menawarkan diri sebagai sponsor dalam acara agar lebih dikenal oleh masyarakat. Selain itu juga dapat bekerjasama dengan reseller atau dropshipper di Kota Tasikmalaya. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Ekspansi pasar en_US
dc.subject Analisis pasar en_US
dc.subject Marketing mix (4p) en_US
dc.subject Porter’s Five Forces en_US
dc.subject Matriks SWOT en_US
dc.title Analisis persepsi masyarakat Tasikmalaya untuk ekspansi pasar pakaian olahraga en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017320047
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0413087901
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account