Inovasi pelayanan publik di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Prasetyo, Pius Sugeng
dc.contributor.author Islamayzar, Muhammad Yafie
dc.date.accessioned 2022-04-04T05:03:08Z
dc.date.available 2022-04-04T05:03:08Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp41026
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12842
dc.description 9513 - FISIP en_US
dc.description.abstract Pembuatan KTP umumnya mengharuskan setiap masyarakat untuk datang ke kantor Kecamatan lalu datang ke kantor Disdukcapil untuk proses pembuatan. Pembuatan KTP yang mengharuskan masyarakat untuk datang ke Kantor terkadang membuat segelintir masyarakat yang memiliki keterbatasan merasa kesulitan untuk membuat KTP. Dengan berbekal kreativitas dan keterbatasan alat Disdukcapil Kota Bandung membuat sebuah Inovasi Pelayanan Jemput Bola bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan agar dapat membuat dokumen kependudukan lebih efektif. Disdukcapil Kota Bandung mengatakan bahwa Inovasi Pelayanan Jemput Bola merupakan sebuah Inovasi yang bisa membantu masyarakat difabel dalam mendapatkan dokumen kependudukan dengan lebih mudah. Meskipun begitu, diperlukan langkah penelitian untuk dapat membuktikan bahwa Inovasi Pelayanan Jemput Bola dapat memberikan kemudahan dalam pembuatan dokumen Negara. Karakteristik Inovasi Everett M Rogers merupakan model yang digunakan dalam penelitian ini. Karakteristik Inovasi Rogers meliputi 1) Relative Advantage; 2) Compatibility; 3) Complexity; 4)Triability; dan 5) Observability. Karakteristik Inovasi tersebut digunakan untuk melihat apakah sebuah Inovasi dapat dikatakan inovasi dan untuk mengetahui apakah inovasi tersebut dapat memberikan kemudahan yang lebih dari cara yang konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam dengan beberapa informan dan studi dokumen sebagai pendukung. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan tahapan pengumpulan data, reduksi dan penarikan kesimpulan data. Temuan yang dihasilkan dari penelitian ini adalah 1) Adanya keuntungan atau nilai lebih yang dihasilkan dari inovasi yang baru; 2) Kesesuaian antara pelayanan yang konvensional dengan Inovasi Jemput Bola; 3) Kerumitan apa saja yang didapati dalam menjalankan Inovasi Jemput Bola; 4) Adanya masa percobaan dalam menjalankan inovasi Jemput Bola; 5) Evaluasi yang dapat dilakukan secara terus menerus agar dapat mengembangkan inovasi tersebut; dan 6) Dengan terukurnya Inovasi Jemput Bola berdasarkan Karakteristik inovasi, Inovasi Jemput Bola dapat dikatakan Inovasi yang memberikan efektivitas dalam memberikan pelayanan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Inovasi dan Pelayanan en_US
dc.title Inovasi pelayanan publik di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bandung en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016310098
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0403096402
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI607#Ilmu Administrasi Publik


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account