dc.description.abstract |
Pandemi COVID-19 membuat para pemilik bisnis melakukan banyak perubahan karena ketentuan penanganan pandemi dari pemerintah, sedangkan sarana telekomunikasi terus berkembang untuk sealu bisa mendukung kepentingan pembangunan yang semakin meluas. Maka dari itu setiap perusahaan yang ada di industri ini harus meningkatkan kualitas layanan dengan efisiensi pengelolaan perusahaan. Kisel sebagai salah satu perusahaan yang termasuk ke dalam industri ini berupaya menncapai dan mengimbangi perkembangan telekomunikasi dengan meningkatkan layanan dengan membagun jaringan switching sendiri dan berupaya meningkatkan margin perushaan dari distribusi produk berupa data dari modern channel dan traditional channel.
Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif deskriptif dengan menggunakan metode penelitian studi kasus dengan melihat kondisi bisnis perusahaan dengan memerhatikan faktor lingkungan eksternal maupun internal perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana kondisi Kisel menghadapi perubahan bisnis di industri telekomunikasi. Dengan menggunakan PESTEL Kisel dapat mengidentifikasi faktor eksternal apa saja yang memengaruhi perusahaan, lalu Kisel dapat menganalisis perusahaan pesaing di industri yang sama dengan menggunakan Five Forces Porter. Kisel juga dapat menganalisis strategi bersaing yang digunakan menggunakan analisis SWOT, dan mengetahui posisi strategi bisnis perusahaan menggunakan Matriks IFE, Matriks EFE, dan Matriks IE, dan menganalisis efektivitas strategi yang digunakan oleh perusahaaan menggunakan Matriks SWOT.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, Kisel dapat melakukan strategi cost leadership untuk terus tumbuh dan berkembang sesuai hasil penelitian menggunakan Matriks IE yang memposisikan Kisel di kuadran IV. Berdasarkan Matriks SWOT, Kisel juga dapat melakukan ekspansi pasar modern untuk memaksimalkan peluang di masa pandemi COVID-19 untuk mempertahankan posisi bisnis perusahaan sekarang ini. Namun perusahaan juga harus mencari strategi yang lain untuk tetap bisa meningkatkan penjualan dan bersaing di industri ini. |
en_US |