dc.description.abstract |
Kopigami merupakan bisnis startup yang menyediakan produk bubuk kopi dilengkapi dengan alat Manual Brew dengan target pasar para penikmat kopi. Ide bisnis ini berawal dari sebuah pertanyaan “Bagaimana membuat kopi yang enak dan praktis untuk para pecinta kopi tanpa alat kopi yang mahal untuk dapat memenuhi kebutuhan minum kopi?”. Masalah yang menarik dalam penelitian ini adalah adanya asumsi akan kebutuhan kualitas kopi yang menandakan bahwa mayoritas coffeeshop saat ini tidak berfokus pada kualitas kopi. Oleh karena itu, Kopigami memanfaatkan peluang ini untuk menyediakan kebutuhan pasar sebaik- baiknya.
Rumusan ide bisnis ini menggunakan metode Design Thinking yang terdiri dari beberapa tahap, diantaranya adalah empathy, define, ideation, prototype dan test yang didukung dengan metode survei dan wawancara. Pengelolaan dan penentuan strategi bisnis Kopigami dilakukan melalui tahapan SWOT Analysis yang kemudian dipadukan dengan Business Model Canvas (BMC) untuk pengembangan strateginya.
Bisnis Kopigami telah dilakukan selama 1 tahun dan masih akan terus berkembang kedepannya. Dalam kurun waktu 1 tahun terhitung sejak Januari 2020, Kopigami berhasil menjual produknya kurang lebih 250 box. Saat ini Kopigami telah memiliki 3 varian produk dari yang sebelumnya hanya 2 varian produk, hal ini dilakukan agar dapat menjangkau keinginan pasar yang lebih luas.
Pengembangan dan perbaikan bisnis Kopigami kedepannya akan dilanjutkan sesuai dengan permintaan pasar, saran dan kritik yang diperoleh dari konsumen maupun calon konsumen. Hal ini dilakukan agar bisnis Kopigami dapat masuk ke dalam fase maturity dalam jangka panjang. |
en_US |