Abstract:
Tearis merupakan bisnis start up yang menyediakan konsep pengembangan
produk dari milk tea menggunakan bahan dasar teh premium / artisan tea. Ide bisnis
ini berawal dari sebuah fenomena dimana sedikitnya pelaku industri teh di
Indonesia dimana itu menjadi peluang bagi penggarap industri teh baru untuk
memberikan konsep pengembangan produk teh terbaik. Fenomena lain yang juga
mempengaruhi alasan mengapa ide bisnis ini muncul, karena peneliti melihat saat
ini industri kopi sedang memasuki pasar yang red ocean dimana persaingan usaha
antar brand dari kopi cukup tinggi. Hal ini membuat pasar menjadi jenuh dan
masyarakat perlu diberikan altermatif pilihan lain untuk mencoba suatu penawaran
konsep produk baru dari pengembangan teh premium / artisan tea.
Bisnis Tearis telah dijalankan selama 6 bulan dan masih akan terus
berkembang kedepannya. Saat ini, kondisi bisnis Tearis sedang dalam keadaan
penjualan yang tidak konsisten. Dengan adanya wabah Covid 19, cukup
mempengaruhi daya beli masyarakat terhadap suatu produk menjadi lebih rendah,
terlebih produk yang ditawarkan oleh Tearis merupakan suatu konsep
pengembangan produk baru yang membutuhkan usaha lebih besar untuk
memperkenalkan konsep pengembangan produk barunya ke masyarakat. Kedepannya, Tearis masih akan terus berupaya untuk meneliti dan
mengembangkan produknya lebih dalam lagi sesuai dengan apa yang menjadi
kebutuhan dan keinginan pasar serta memperbaiki kualitas pelayanannya untuk
dapat menciptakan kepuasan konsumen. Selain itu, Tearis juga memiliki tujuan di
dalam pengembangan bisnisnya untuk memperluas jangkauan pasar dengan
mengembangkan model bisnisnya ke arah franchise.