Abstract:
Perkembangan industri minuman untuk saat ini membuat Haus Bozz sulit untuk bersaing dengan industri minuman lainnya. Salah satu cara agar tetap bisa bersaing dengan industri minuman lainnya adalah dengan memanfaatkan sumber daya manusia untuk menarik perhatian konsumen. Salah satu cara agar bisa mendapatkan sumber daya manusia yang tepat dan sesuai dengan keinginan dari Haus Bozz adalah dengan melalui manajemen sumber daya manusia secara objektif, yaitu menggunakan rekrutmen serta pelatihan yang didasarkan dengan data di dalam perusahaan. Hal ini menyebabkan perancangan manajemen sumber daya manusia dengan objektif akan penting dilakukan oleh peneliti.
Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. MIT 90’s Framework serta BPMN digunakan sebagai alat bantu untuk melakukan analisa dari luar perusahaan serta untuk menggambarkan suatu proses produksi untuk Haus Bozz.
Berdasarkan hasil dari analisis tersebut, maka akan dibentuk suatu rancangan sistem yang bisa membantu Haus Bozz untuk mendapatkan sumber daya manusia yang tepat dan pelatihan untuk karyawan yang belum sesuai dengan kriteria-kriteria Haus Bozz. Rancangan sistem ini akan berbasis komputer dengan harga yang terjangkau. Setiap karyawan akan mendapatkan pelatihan yang berbeda karena disesuaikan kebutuhan dan kemampuan yang harus dikuasai dari setiap individu.