Abstract:
DK Outdoor & Sports yang merupakan anak perusahaan dari PT Pancajaya Sejati yang berfokus pada bidang pakaian olahraga sejak tahun 2017. Sebagai perusahaan yang bergerak di industri olahraga dan ingin terus berkembang, DK Outdoor & Sports perlu merancang strategi bisnis untuk pasar di dalam negeri. Oleh karena itu alat-alat yang digunakan dalam penelitian adalah Marketing Mix (4p), Porter’s Five Forces, dan SWOT untuk melihat kondisi lingkungan internal dan eksternal DK Outdoor & Sports. Adapun tujuan penelitian ini yaitu memberikan rancangan strategi bisnis yang dapat diterapkan oleh DK Outdoor & Sports.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif analitis dengan metode survei. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk mendapatkan fakta dari responden di Kota Cimahi, wawancara, dan studi literatur.
Dari data yang dianalisis didapatkan hasil bahwa Kota Cimahi berada dalam kondisi persaingan yang cukup ketat dilihat dari banyaknya kompetitor di industri pakaian olahraga yang memiliki keunggulan masing-masing yang dapat menjadi brand pilihan masyarakat. Terdapat peluang bagi perusahaan berupa perubahan gaya hidup masyarakat dan ancaman dimana daya beli masyarakat Kota Cimahi tergolong rendah. Kekuatan utama DK Outdoor & Sports ada pada product technology dan aktif dalam promosi secara online, adapun kelemahan DK Outdoor & Sports yaitu promosi di yang dilakukan belum banyak dilihat oleh masyarakat dan promosi secara offline tergolong rendah.