Abstract:
Bertahannya usaha grosir di didukung oleh berbagai faktor, salah satunya
merupakan faktor performance-nya. performance yang baik akan meningkatkan
feedback positif dari pembeli dan berakibat pada pembelian berulang (repurchase).
Saat ini CV Dian Nur Purnama akan melakukan ekspansi terkait dengan lini produk
yang dijual sehingga berencana akan memperluas gudang untuk menambah kapasitas
penyimpanan produk yang akan dijual. Dengan semakin berkembangnya sebuah bisnis
maka akan semakin sulit juga monitoring-nya, karena semakin banyak pihak yang akan
terlibat contoh jumlah pegawai yang akan bertambah. Maka dari itu CV Dian Nur
Purnama membutuhkan sebuah sistem yang dapat me-monitoring pekerjaan
perusahaannya supaya performance perusahaan tetap terjaga dengan baik dengan cara
memastikan pengiriman barang secara tepat waktu.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data
melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi. Sementara untuk mengetahui
keabsahan data dilakukan dengan cara uji validitas yang menggunakan teknik
triangulasi serta uji reliabilitasnya menggunakan teknik review hasil analisis data.
Dalam teknik analisisnya menggunakan System Development untuk menganalisis
fenomena yang dihadapi lalu membuat rancangan sistemnya dibantu dengan Business
Process Modelling and Nation (BPMN) yang akan menggambarkan alur proses
bisnisnya.
Hasil yang didapat dalam penelitian ini diharapkan dapat membantu CV Dian
Nur Purnama dalam mengoptimalkan process monitoring pengiriman barangnya
dengan cara membandingkan antara dokumen Sales Order (SO) dengan Surat Jalan
(SJ). sehingga dapat mempertahankan performance yang positif dan sejalan sesuai
dengan tujuan perusahaan dengan rancangan sistem informasi yang diberikan.