Abstract:
Penentuan strategi lokasi merupakan hal yang penting bagi tempat kopi, untuk mendapatkan suatu pembelian tempat kopi harus memberikan maanfat untuk pembelian tersebut. Pembelian akan terjadi apabila pembeli telah mendapatkan manfaat yang ditawarkan sesuai dengan preferensi target pasar tersebut. Salah satu contohnya adalah Portarama Coffee yang muncul pada daerah Sukaraja, Bandung, Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian strategi lokasi dengan target pasar dari Portarama Coffee. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dengan pemilik dari Portarama Coffee dan menyebarkan kuesioner dengan cluster sampling pada sekitar daerah Portarma Coffee. Rumus Korelasi Product Moment Pearson digunakan untuk menghitung korelasi masing-masing variabel penelitian.
Setelah dilakukan penelitian, strategi lokasi memiliki kesesuaian dengan target pasar sekitar Portarma Coffee. Hasil analisis deskriptif responden sesuai dengan hasil wawancara dari pemiliki dari Portarama Coffee, dan responden menjawab positif dengan keberadaan tempat kopi Portarama Coffee pada daerah tersebut.