Abstract:
Indonesia merupakan negara dengan lahan yang luas dan iklim yang cocok untuk pertanian merupakan peluang bisnis di industri perkebunan sehingga banyak pengusaha yang berbisnis dibidang agribisnis salah satunya adalah tanaman hias . Salah satu industri pertanian yang terfokus pada komoditas bunga potong Mawar adalah Kariksa yang menerapkan strategi Fokus. Kariksa telah berkecimpung dalam industri tanaman hias selama 30 tahun.
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis strategi fokus yang digunakan selama ini untuk melihat bagimana strategi fokus tersebut dapat mencapai tager pasar yang dituju yaitu Wedding Organizer,Event Organizer dan Pengecer bunga. Serta merancang srtategi untuk masa depan guna menggembangkan usahanya. Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif analitis dengan metode penelitian studi kasus. Saat penelitian dilaksanakan, hasil penelitian yang kemudian diolah dan dianalisis untuk diambil kesimpulannya. Data atas objek penelitian di teliti melalui wawancara dan pengamatan. Data dianalisis dengan menggunakan S.W.O.T, P.E.S.T.L.E, Porter 5 Foces serta analisis internal dan eksternal perusahaan yang dipadukan untuk merumuskan kelebihan, kekurangan, peluang, dan ancaman (SWOT) bagi perusahaan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi fokus yang digunakan efektif, sementara itu untuk mengantisipasi persaingan dan mengembangkan usaha dimasa yang akan perusahaan dapat mengimplementasikan Focused Low-Cost Strategy, Hal itu sesuai dengan tujuan Kariksa sebagai Supplier Bunga Mawar.