Strategi pengembangan bisnis startup "CLINK!" Cuci Mobil Keliling dalam bentuk penambahan wilayah operasional

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kornarius, Yoke Pribadi
dc.contributor.author Bagaskara, Axzel Ezraferanza
dc.date.accessioned 2022-02-03T06:58:05Z
dc.date.available 2022-02-03T06:58:05Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp40023
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12673
dc.description 9352 - FISIP en_US
dc.description.abstract “CLINK!” Cuci Mobil keliling adalah bisnis startup yang bergerak di bidang cuci mobil keliling di kota Bandung. Pendirian Clink didasari pada penelitian menggunakan design thinking yaitu Emphatize, Define, Ideate, Prototype, dan Test yang menunjukan adanya masalah yang dialami oleh pemilik kendaraan ketika ingin menjaga kebersihan mobil mereka, yaitu masalah keterbatasan waktu. Maka dari itu, pendiri menjadikan layanan “CLINK!” yaitu cuci mobil keliling sebagai solusi dari permasalahan tersebut. Clink memulai kegiatan operasionalnya pada tanggal 15 Januari 2020 dan berencana untuk melakukan pengembangan ke seluruh kota di Indonesia. Oleh karena itu, Clink melakukan survey dengan metode wawancara bebas terhadap konsumen Clink untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan internal Clink dari sudut pandang eksternal. Clink juga melakukan analisis menggunakan Porter’s Five Forces Model untuk mengetahui lima kekuatan kompetitif pada industri cuci mobil. Data tersebut kemudian diolah menggunakan metode Analisis SWOT yang kemudian dikombinasikan menjadi Kekuatan dan Peluang (SO), Kekuatan dan Tantangan (ST), Kelemahan dan Peluang (WO), dan Kelemahan dan Tantangan (WT) sehingga ahirnya dapat menjadi dasar bagi pengembangan Clink kedepannya. Rencana pengembangan yang diusulkan adalah dengan menambah wilayah operasional untuk mampu menjangkau lebih banyak konsumen di lokasi-lokasi lain yang juga mengalami masalah keterbatasan waktu untuk menjaga kebersihan mobil mereka. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject strategi pengembangan en_US
dc.title Strategi pengembangan bisnis startup "CLINK!" Cuci Mobil Keliling dalam bentuk penambahan wilayah operasional en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016320164
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0421128401
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account