dc.description.abstract |
“CLINK!” Cuci Mobil keliling adalah bisnis startup yang bergerak di bidang
cuci mobil keliling di kota Bandung. Pendirian Clink didasari pada penelitian
menggunakan design thinking yaitu Emphatize, Define, Ideate, Prototype, dan Test
yang menunjukan adanya masalah yang dialami oleh pemilik kendaraan ketika
ingin menjaga kebersihan mobil mereka, yaitu masalah keterbatasan waktu. Maka
dari itu, pendiri menjadikan layanan “CLINK!” yaitu cuci mobil keliling sebagai
solusi dari permasalahan tersebut.
Clink memulai kegiatan operasionalnya pada tanggal 15 Januari 2020 dan
berencana untuk melakukan pengembangan ke seluruh kota di Indonesia. Oleh
karena itu, Clink melakukan survey dengan metode wawancara bebas terhadap
konsumen Clink untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan internal Clink dari
sudut pandang eksternal. Clink juga melakukan analisis menggunakan Porter’s Five
Forces Model untuk mengetahui lima kekuatan kompetitif pada industri cuci mobil.
Data tersebut kemudian diolah menggunakan metode Analisis SWOT yang
kemudian dikombinasikan menjadi Kekuatan dan Peluang (SO), Kekuatan dan
Tantangan (ST), Kelemahan dan Peluang (WO), dan Kelemahan dan Tantangan
(WT) sehingga ahirnya dapat menjadi dasar bagi pengembangan Clink
kedepannya.
Rencana pengembangan yang diusulkan adalah dengan menambah wilayah
operasional untuk mampu menjangkau lebih banyak konsumen di lokasi-lokasi lain
yang juga mengalami masalah keterbatasan waktu untuk menjaga kebersihan mobil
mereka. |
en_US |