dc.description.abstract |
Zaman sekarang persaingan antar negara dan daerah-daerah untuk menarik investasi dan wisatawan untuk berkunjung sangat ketat. City branding merupakan alat yang dapat digunakan oleh para pemimpin daerah untuk mencapai keunggulan kompetitif dibandingkan daerah lain. Kota Bandung merupakan ibukota provinsi Jawa Barat yang mendapatkan pendapatan asli daerah (PAD) cukup banyak dari sektor pariwisata yakni sebesar 36,5%. Aspek city branding yang diteliti pada penelitian ini adalah persepsi wisatawan terhadap variabel-variabel city branding yang terdapat di kota Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel city branding terhadap kepuasan wisatawan kota Bandung serta untuk mengetahui pengaruh kepuasan wisatawan terhadap loyalitas wisatawan kota Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif karena bertujuan untuk menjelaskan aspekaspek yang relevan dengan fenomena yang ingin diteliti. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan survei dengan penyebaran kuesioner dan didapatkan 116 responden yang merupakan wisatawan domestik yang sedang berkunjung ke kota Bandung. Data juga didukung dengan wawancara dan observasi. Data dianalisis secara deskriptif, analisis regresi linier berganda dan regresi linier sederhana. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah untuk variabel city branding yaitu place, pulse, prerequisite dan people berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan wisatawan kota Bandung. Secara keseluruhan sebesar 44,3%, dan masing-masing sebesar 0,001, 0,017, 0,018 dan 0,043. Sedangkan variabel presence dan potential tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan wisatawan kota Bandung. Kepuasan wisatawan juga berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas wisatawan kota Bandung sebesar 28,7%. |
en_US |