Pengaruh city branding terhadap kepuasan dan loyalitas wisatawan Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Adriani, Leokadia Retno
dc.contributor.author Sanjaya, Jessica
dc.date.accessioned 2017-03-29T09:43:15Z
dc.date.available 2017-03-29T09:43:15Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other skp33614
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/1263
dc.description 22386 - FE en_US
dc.description.abstract Zaman sekarang persaingan antar negara dan daerah-daerah untuk menarik investasi dan wisatawan untuk berkunjung sangat ketat. City branding merupakan alat yang dapat digunakan oleh para pemimpin daerah untuk mencapai keunggulan kompetitif dibandingkan daerah lain. Kota Bandung merupakan ibukota provinsi Jawa Barat yang mendapatkan pendapatan asli daerah (PAD) cukup banyak dari sektor pariwisata yakni sebesar 36,5%. Aspek city branding yang diteliti pada penelitian ini adalah persepsi wisatawan terhadap variabel-variabel city branding yang terdapat di kota Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel city branding terhadap kepuasan wisatawan kota Bandung serta untuk mengetahui pengaruh kepuasan wisatawan terhadap loyalitas wisatawan kota Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif karena bertujuan untuk menjelaskan aspekaspek yang relevan dengan fenomena yang ingin diteliti. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan survei dengan penyebaran kuesioner dan didapatkan 116 responden yang merupakan wisatawan domestik yang sedang berkunjung ke kota Bandung. Data juga didukung dengan wawancara dan observasi. Data dianalisis secara deskriptif, analisis regresi linier berganda dan regresi linier sederhana. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah untuk variabel city branding yaitu place, pulse, prerequisite dan people berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan wisatawan kota Bandung. Secara keseluruhan sebesar 44,3%, dan masing-masing sebesar 0,001, 0,017, 0,018 dan 0,043. Sedangkan variabel presence dan potential tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan wisatawan kota Bandung. Kepuasan wisatawan juga berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas wisatawan kota Bandung sebesar 28,7%. en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject city branding en_US
dc.subject kepuasan wisatawan en_US
dc.subject loyalitas wisatawan en_US
dc.subject Bandung en_US
dc.title Pengaruh city branding terhadap kepuasan dan loyalitas wisatawan Kota Bandung en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2013120010
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0409125801
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account