Usulan peningkatan niat pakai konsumen terhadap mobile payment X sebagai mobile payment pemilik kendaraan bermotor

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rikardo, Cherish
dc.contributor.advisor Setiawan, Fran
dc.contributor.author Aurelia, Valeri
dc.date.accessioned 2021-11-30T01:48:08Z
dc.date.available 2021-11-30T01:48:08Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp40478
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12545
dc.description 5604 - FTI en_US
dc.description.abstract Perkembangan teknologi sekarang sangat pesat. Salah satu teknologi yang diprediksi akan terus berkembang adalah teknologi finansial, berupa pembayaran seluler. Mobile Payment X merupakan pembayaran seluler yang didirikan pada tahun 2018 dan mendapatkan izin uang elektronik dan transfer dana dari Bank Indonesia pada Januari 2020. Saat ini, Mobile Payment X memiliki kesulitan untuk mencapai target jumlah pengguna yang telah ditentukan. Dari hasil wawancara yang dilakukan dengan pihak Mobile Payment X disimpulkan bahwa perlu adanya peningkatan niat pakai Mobile Payment X. Kemudian, berdasarkan hasil wawancara dengan pengguna Mobile Payment X dan studi literatur yang dilakukan, terdapat beberapa variabel yang diduga memengaruhi niat pakai Mobile Payment X. Terdapat tujuh (7) buah variabel yang digunakan yaitu performance expectancy, effort expectancy, social influence, perceived cost, facilitating condition, hedonic motivation, perceived risk, dan intention to use. Dari penyebaran kuesioner, didapatkan 202 buah data yang dapat diolah. Setelah itu, dilakukan pengujian model penelitian dengan menggunakan Structural Equation Modeling dengan metode Partial Least Square (PLS-SEM). Hasil evaluasi pengujian model pengukuran memberikan hasil bahwa model pengukuran sudah valid dan reliabel. Dari hasil evaluasi model struktural menunjukkan bahwa berdasarkan analisis jalur, terdapat empat (4) buah variabel yang berpengaruh signifikan terhadap niat pakai, yaitu performance expectancy, hedonic motivation, perceived cost, dan perceived risk. Berdasarkan variabel yang memengaruhi niat beli, terdapat 10 buah usulan peningkatan niat pakai yang didapat diterapkan, meliputi edukasi Mobile Payment X, fitur tambahan, dan informasi tambahan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.subject pembayaran seluler en_US
dc.subject niat pakai en_US
dc.subject PLS-SEM en_US
dc.subject UTAUT en_US
dc.title Usulan peningkatan niat pakai konsumen terhadap mobile payment X sebagai mobile payment pemilik kendaraan bermotor en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017610004
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0414069004
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0403119102
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account