Usulan rancangan atribut aplikasi video conference terbaik berdasarkan preferensi konsumen menggunakan model kano

Show simple item record

dc.contributor.advisor Theopilus, Yansen
dc.contributor.author Purwoko, Michael
dc.date.accessioned 2021-11-30T01:28:30Z
dc.date.available 2021-11-30T01:28:30Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp40435
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12544
dc.description 5561 - FTI en_US
dc.description.abstract Peranan teknologi yang pesat membantu manusia berkomunikasi dengan mudah. Salah satu media komunikasi yang kerap digunakan adalah aplikasi video conference. Penggunaan dari aplikasi video conference semakin diperkuat dengan adanya pandemi COVID-19. Peningkatan penggunaan ini kemudian menimbulkan persaingan diantara para penyedia aplikasi video conference untuk menyediakan fitur yang mampu mengakomodasi kebutuhan serta memberikan kepuasan bagi penggunanya. Dalam upaya untuk memenangkan persaingan, penyedia aplikasi perlu memahami atribut terbaik berdasarkan preferensi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan usulan rancangan atribut aplikasi video conference terbaik yang sesuai dengan preferensi konsumen. Pada penelitian dilakukan benchmark terhadap 3 aplikasi video conference yang paling populer yaitu Zoom, Skype dan Google Meet. Hasil identifikasi atribut melalui wawancara serta observasi menghasilkan 46 atribut yang mempengaruhi kepuasan konsumen. Hasil kuesioner Model Kano digunakan untuk penentuan prioritas perancangan serta mengetahui dampak terhadap kepuasan konsumen sementara hasil dari kuesioner kepentingan dan kepuasan digunakan sebagai acuan implementasi atribut. Hasil data kuesioner Model Kano diolah melalui pendekatan kualitatif serta pendekatan kuantitatif Model Kano. Melalui hasil pengelompokkan terdapat 19 atribut attractive, 1 atribut must-be, 15 atribut one dimensional, dan 9 atribut indifferent. Hasil data kuesioner kepentingan serta kepuasan diolah untuk mendapatkan nilai Quality Improvement Index (QI). Melalui hasil, terdapat 37 implementasi mengacu pada Zoom, 6 implementasi mengacu pada Googe Meet, dan 3 implementasi mengacu pada Skype. Hasil akhir penelitian berupa rekomendasi implementasi serta prioritas atribut rancangan berdasarkan observasi serta wawancara dengan pengguna. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.subject Atribut Rancangan en_US
dc.subject Benchmark Analysis en_US
dc.subject Preferensi Konsumen en_US
dc.subject Model Kano en_US
dc.subject Video Conference en_US
dc.title Usulan rancangan atribut aplikasi video conference terbaik berdasarkan preferensi konsumen menggunakan model kano en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dcterms.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR
dc.identifier.nim/npm NPM2017610006
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0426059402
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account