Usulan perbaikan kualitas pembelajaran daring dalam bidang ilmu sains dan keteknikan di Universitas Katolik Parahyangan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Fransiscus, Hanky
dc.contributor.author Susilo, Brigitta Gabriella
dc.date.accessioned 2021-11-30T01:20:05Z
dc.date.available 2021-11-30T01:20:05Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp40407
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12543
dc.description 5533 - FTI en_US
dc.description.abstract Dengan adanya pandemi Covid-19 banyak bidang yang harus berubah, salah satunya bidang pendidikan yang beralih ke pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran daring. UNPAR, khususnya bidang sains keteknikan, telah melakukan pembelajaran daring sejak Maret 2020 dan masih akan terus melanjutkan metode pembelajaran daring. Berdasarkan wawancara awal, menurut Wakil Dekan Bidang Akademik FTI dan FTIS kualitas pembelajaran daring di UNPAR masih belum baik dan pelaksanaannya belum maksimal. Mahasiswa juga masih mengeluhkan banyak hal dalam pembelajaran daring. Dari hasil wawancara dan keluhan, maka penelitian dilakukan untuk mencari faktor apa saja yang berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran daring untuk meningkatkan kualitas pembelajaran daring tersebut. Pengukuran kualitas pembelajaran daring dilakukan dengan model pengukuran SERVQUAL yang disesuaikan dengan pembelajaran daring. Pengujian dilakukan secara eksploratori untuk menemukan variabel baru. Selanjutnya dilakukan pengujian dengan metode Structural Equation Modelling (SEM) untuk menguji apakah ada hubungan antara variabel baru dengan kualitas pembelajaran daring. Tahapan pengujian ini meliputi pembuatan model, pengujian validitas, dan pengujian model struktural. Berdasarkan hasil pengolahan data, kualitas pembelajaran daring bidang sains keteknikan di UNPAR saat ini bernilai 4,59 dari range nilai 1 sampai 7. Faktor yang mempengaruhi kualitas pembelajaran daring bidang ilmu sains keteknikan di UNPAR adalah Interaksi dan Materi Pembelajaran Daring, dan Sarana Pembelajaran Daring. Kemudian ditemui terdapat 11 atribut dari dua faktor yang mempengaruhi kualitas pembelajaran daring. Dari kedua faktor ini terdapat 4 atribut yang berpengaruh kuat namun memiliki penilaian rendah. Kemudian menggunakan fishbone diagram diidentifikasi sebanyak 23 akar masalah. Usulan perbaikan yang diajukan berjumlah 17 usulan. Usulan yang diberikan meliputi pemberian variasi, pembatasan durasi video, pemberian pembahasan, hingga pembuatan tim creative dan editing. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.subject kualitas pembelajaran daring en_US
dc.subject metode SEM en_US
dc.subject usulan perbaikan en_US
dc.title Usulan perbaikan kualitas pembelajaran daring dalam bidang ilmu sains dan keteknikan di Universitas Katolik Parahyangan en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017610037
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0401058802
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account