Identifikasi faktor pendukung UMKM untuk tumbuh dan rekomendasi program di Indonesia

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nawangpalupi, Catharina Badra
dc.contributor.author Natanael, Joshua
dc.date.accessioned 2021-10-19T01:14:19Z
dc.date.available 2021-10-19T01:14:19Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp40543
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12486
dc.description 5189 - FTI en_US
dc.description.abstract UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) merupakan penopang perkonomian di Indonesia. UMKM berperan dalam aspek penyerapan tenaga kerja, ketersediaan lapangan kerja, produk domestik bruto nasional, ekspor, serta investasi. Pertumbuhan UMKM masih menjadi masalah di Indonesia karena pertumbuhannya masih sangat minim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berpengaruh terhadap pertumbuhan UMKM di Indonesia. Faktor yang diteliti pada penelitian ini berkatian dengan kemauan bertindak, kemampuan dalam berwirausaha, kepercayaan diri dalam mencari, kepercayaan diri dalam perencanaan, kepercayaan diri dalam kepemimpinan, kepercayaan diri dalam mengelola sumber daya manusia, kepercayaan diri dalam mengelola keuangan, jenis kelamin, opportunity, dan pendidikan. Variabel yang akan diteliti adalah penambahan tenaga kerja. Dengan adanya penambahan tenaga kerja pada suatu UMKM, maka suatu UMKM tersebut dinyatakan bertumbuh. Jumlah data yang digunakan pada penelitian adalah sebanyak 180 data, yaitu data responden owner manager yang dapat memprediksi perubahan jumlah tenaga kerja. Pengolahan data yang dilakukan adalah pengujian crosstab dan juga pembuatan model regresi ordinal dengan menggunakan software SPSS. Berdasarkan dilakukan pengujian crosstab, diketahui bahwa faktor yang berpengaruh terhadap kemauan suatu UMKM untuk tumbuh adalah kemauan bertindak untuk membuka usaha baru dengan nilai signifikansi sebesar 0,023. Berikutnya dilakukan pembuatan model regresi ordinal untuk mengetahui bagaimana pengaruh kemauan bertindak terhadap kemauan suatu UMKM untuk tumbuh. Berdasarkan model regresi yang sudah dibuat, diketahui bahwa responden yang memiliki kemauan bertindak untuk membuka usaha baru memiliki peluang yang lebih tinggi bahwa usahanya tidak bertumbuh dibandingkan responden yang tidak memiliki kemauan bertindak untuk membuka usaha yang baru. Rekomendasi program dibuat untuk membantu UMKM yang mau bertumbuh dan tidak mau bertindak membuka usaha yang baru dengan melihat karakteristik responden dan wawancara. Rekomendasi yang dapat diberikan agar UMKM dapat tumbuh adalah dengan melakukan analisis pasar (melihat peluang dalam menjalankan usaha, mengetahui kompetitor, dan mampu memperkirakan tingkat permintaan pelanggan terhadap produk/jasa). en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Identifikasi faktor pendukung UMKM untuk tumbuh dan rekomendasi program di Indonesia en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016610199
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0404127301
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account